Tips Buat Mahasiswa yang Introvert Agar Lebih Terbuka di Dunia Perkuliahan

Tips Buat Mahasiswa yang Introvert Agar Lebih Terbuka di Dunia Perkuliahan

lustrasi : Seseorang yang merasa introvert di lingkungannya.-freepik/rawpixel.com-

INFORADAR.ID – Guys, buat kalian yang introvert, wajib banget baca tulisan ini sampai akhir ya, terkhusus bagi para mahasiswa yang harus mulai adaptasi di perkuliahan.

Menjadi seorang yang introvert tentu bukan menjadi sebuah keinginan yang terbentuk dengan sendirinya, sehingga hal itu bisa dirubah terlebih bagi paramahasiswa agar lebih aktif di dunia pekuliahan.

Banyak aktivitas penunjang bagi mahasiswa agar dirinya bisa lebih aktif dan berangsur-angsur bisa mengurangi sikap introvert yang dimilikinya.

Jika kamu yang meruoakan sebagai mahasiswa hanya terus berdiam diri di zona nyamanmu, kamu tidak akan mendapatkan perubahan apapun dan akan terus-menerus merasa introvert.

Adapun beberapa tips berikut yang harus diperhatikan agar kamu sebagai mahasiswa bisa lebih terbuka dalam perkuliahanmu.

1. Bertemanlah dengan lingkungan yang positif

Untuk mulai keluar dari belenggu introvert di dalam diri kamu, cobalah untuk mulai berosisialisasi dengan lingkunganmu.

Hal itu bisa membuatmu keluar dari pikiran yang hanya begitu saja dalam kesendirian yang selama ini kamu bangun.

Dengan melakukan hubungan sosial di lingkungan, kamu bisa mulai terbuka dan memulai interaksi antar sesama sehingga mulai berteman dengan lingkunganmu.

Namun, tentunya lingkungan yang positiflah yang harus kamu kenali agar bisa membawa perubahan degna baik terhadap diri kamu sendiri.

2. Bukalah fikiranmu

Membuka fikiran di sini dalam artian kamu harus memikirkan bahwa hidup ini tidak luput dari hubungan sosial dan bahkan akan sangat membutuhkan satu sama lain.

Mulailah untuk berfikir ke depan agar kamu bisa terarah dengan kehidupan sosial di sekitar lingkunganmu.

Dengan membuka pikiran, kamu akan mulai tersadar bahwa keterbukaan terhadap seseorang bisa membuka diri dkamu dan membuatmu lebih menyenangkan.

3. Keluar dari zona nyaman

Hal yang paling utama seseorang menjadi pribadi yang intovert adalah karena mereka nyaman dengan kesedirian.

Mereka merasa lebih tertutup karena merasa tidak nyaman jika berada dalam keramaian dan tidak mau bercerita terhadap orag lain akan apa yang tengah dialaminya.

Cobaah untuk merubah mindset itu. Jika terus-menerus berfikir seperti itu, kamu akan terus menerus menjadi seorang yang introvert.

Mulailah melangkah untuk berbaur dengan dunia luar, bukan berarti melepas duniau sendiri, tapi menyisihkan waktu untuk berkomunikasi dengan lingkunganmu.

Beberapa tips di atas semoga bisa membantumu terlebih bagi para mahasiswa agar bisa lebih terbuka di lingkungan baru, tanpa terus memelihara sikap introvert di dalam diri kamu.(*)

 

Siti Nursyhaidah Syabani, mahasiswa PPL UIN SMH Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: