Tips and Trik Merawat Barang Elektronik Agar Tetap Awet

Tips and Trik Merawat Barang Elektronik Agar Tetap Awet

Perawatan Barang Elektronik harus diperhatikan untuk menjaga agar tetap awet dan tahan lama digunakan.-freepik.com/@rawpixel.com-

INFORADAR.CO.ID- Barang elektronik yang kita gunakan perlu adanya perawatan yang baik agar tetap awet atau tidak cepat rusak.

Tips dan trik merawat barang elektronik seperti: handphone, laptop, televisi dan sejenisnya harus selalu diperhatikan agar awet dan tahan lama. 

Beberapa tips dan trik merawat barang elektronik agar tetap awet merupakan cara ampuh yang bisa kamu lakukan untuk merawat barang elektronik mu agar tetap bagus dan awet.

Yuk, simak beberapa tips dan trik merawat barang elektronik agar selalu bagus dan awet!

1. Gunakan dengan benar.

Kamu perlu tahu, bagaimana penggunaan barang elektronikmu digunakan. Jangan menggunakan barang elektronik dengan asal-asalan, biasanya setiap barang elektronik adanya peringatan untuk penggunaan dan perawatan barang tersebut.

2. Hindari Overload.

Pastikan barang elektronik mu tidak terbebani oleh banyaknya data didalamnya, yang menyebabkan overload. Barang elektronik yang overload menyebabkan lemot dalam tampilan bahkan terkena virus. Apalagi harus menghindarkan pengisian batrei atau mencharge dengan daya yang melebihi daya maksimal yang disarankan.

3. Lindungi Kelembaban dan Air.

Elektronik rentan rusak pada suhu yang lembab atau terkena air. Simpan barang elektronik ditempat yang kering yang terhindar langsung dari cairan.

4. Bersihkan dengan Lembut.

Perawatan yang baik, yaitu membersihkannya secara teratur. Gunakan bahan kain yang lembut untuk membersihkan permukaan luar barang elektronik.

5. Hindari Bahan yang Bersifat Mengikis.

Hindari bahan kimia yang sifatnya mengikis, agar barang elektronik mu tidak rusak karena terkontaminasi bahan kimia tersebut.

6. Matikan dengan Aman.

Matikan barang eloktronik dengan tata cara yang benar. Jangan mematikan dengan cara langsung mencabut kabel dari saklar atau langsung mematikan tombol power pada laptop secara paksa.

7. Hindari guncangan dan jatuh.

Hindarkan barang elektronik dari guncangan atau sering terjatuh, ini penyebab barang elektronikmu cepat rusak. Gunakan casing atau pelindung luar barang elektronik untuk meminimalisir benturan.

8. Perawatan yang Rutin.

Beberapa barang elektronik memerlukan perawatan yang rutin, seperti: pembersihan AC dan perawatan daya tahan batrai.

Tips and trik tadi bisa kamu lakukan untuk menjaga barang elektronik agar tetap awet dan berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

Kamu sekarang tidak perlu bingung untuk merawat dan melindungi barang elektronik untuk tetap awet. Tips dan trik tadi bisa kamu gunakan disela-sela aktivitasmu secara rutin agar memiliki hasil yang maksimal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: