Tips Biar Kamu Enggak Jadi Mahasiswa Kupu-kupu, Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

Tips Biar Kamu Enggak Jadi Mahasiswa Kupu-kupu, Mahasiswa Baru Wajib Tahu!

Ilustrasi : Mahasiswa yang aktif dan produktif tengah berkumpul.-pixabay/sasint-

INFORADAR.ID – Menjadi seorang mahasiswa yang aktif merupakan salah satu kebanggaan tersendiri dibandingkan menjadi mahaiswa kupu-kupu (kuliah pulang).

mahasiswa kupu-kupu merupakan label yang diberikan terhadap mahasiswa yang tidak memiliki kegiatan tambahan selain belajar dan terfokus pada kegiatan akademik saja.

Pilihan yang diambil oleh mahasiswa kupu-kupu ini biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor sperti sifat introvert yang ada dalam diri mereka sehingga menjadi sekat atau pembatas untuk aktif di organisasi atau komunitas.

Bukan hanya itu, mahasiswa kupu-kupu yang biasanya dikenal lebih rajin dan tepat waktu dalam mengerjakan segala tugas akademik menjadi kelebihan tersndiri.

Namun, bukan berarti mahasiswa yang aktif di organisasi tidak mengerjakan tugas akademik sebgaimana mahasiswa kupu-kupu. Hal ini menjadi nilai lebih bagi mahasiswa yang aktif jika keduanya dikerjakan secara seimbang.

Nah, kamu bisa melakukan tips berikut ini agar kamu tidak terus-menerus menjadi mahasiswa kupu-kupu:

1. Terlibat dalam Unit Kegiatan mahasiswa (UKM)

UKM ini merupakan kegitan atau ekstrakulikuler yang ada di dunia perkuliahan. mahasiswa bisa mengikuti kegiatan UKM yang sesuai dengan minat atau hobi yang dilakukan.

Dengan ini, mahasiswa bisa mengembangkan keterampilan sosial, kepemimpinan dan memperluas jaringan pertemanan agar bisa menjadi mahasiswa yang lebih handal dalam bidangnya.

2. Ikuti Organisasi

Bnayak organisasi yang ada di dunia perkuliahan yang bisa diikuti oleh mahasiswa dan tidak sedikit juga organisasi yang bersifat umum, boleh diikuti oleh siapa saja.

kamu, mahasiswa bisa ikut berperan aktif dan berkontribusi dalam organisasi yang bisa diikutimu agar bisa memiliki pengalaman lebih dan lebih aktif selama kamu berada di dunia perkuliahan.

3. Ikut Pelatihan atau Kursus Tambahan

Manfaatkan waktu kamu untuk hal yanglebih berguna dan bisa menambah pengetahuan serta wawasanmu lebih dalam terkait skill atau kemampuan yang kamu miliki.

Pelatihan atau kursus yang kamu ikuti, bisa meningkatkan kualifikasi dan kualitas kamu, sehingga kamu berkesempatan menjadi orang yang lebih handal dan menjadi pembicara terkait yang kamu kuasai dan kamu akan jauh lebih produktif lagi.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu, sebagai mahaiswa lakukan agar waktumu lebih bermanfaat dan tidak terus-menerus menjadi mahasiswa kupu-kupu saja.(*)

Siti Nursyhaidah Syabani, mahasiswa PPL UIN SMH Banten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: