Mahasiswa Baru Wajib Melakukan Hal Ini, Demi Kelancaran Kuliah

Mahasiswa Baru Wajib Melakukan Hal Ini, Demi Kelancaran Kuliah

ilustrasi mahasiswa baru--sumber & design freepik.com

 INFORADAR.ID – Tidak terasa, saat ini sudah masuk tahun ajaran baru. Untuk kamu mahasiswa baru, sekarang saatnya kamu menyiapkan hal-hal penting yang diperlukan di dunia perkuliahan.

Menjadi mahasiswa baru tentunya tidak mudah, karena kita tidak mengenal lingkungan dan butuh waktu untuk beradaptasi. 

Di tahun pertama, para mahasiwa baru masih berada dilingkungan baru yang terasa asing karena belum pernah mereka kenal sebelumnya. Kamu merasa bahwa banyak hal yang belum kamu ketahui dan kamu harus beradaptasi dengan lingkungan baru.

Saat menjadi mahasiswa baru, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan kamu persiapkan loh, yuk simak 3 hal penting ini :

1. Perhatikan silabus atau RPS yang ada 

Silabus atau RPS (Rencana Pembelajaran Semester) yaitu dokumen perencanaan pembelajaran yang disusun sebagai panduan bagi mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan perkuliahan selama satu semester.

BACA JUGA:5 Sumber Cuan Super Oke Buat Para Mahasiswa yang Bikin Dompet Tebal dan CV Makin Kinclong

Penting bagi mahasiswa baru untuk memperhatikan silabus, seperti apa saja yang harus kamu bahas disetiap pertemuan, kisi-kisi ujian dan penilain.

2. Perbanyak cari tahu tentang jurusan yang kamu ambil

Kamu bisa mencari tahu tentang jurusan kamu melalui kating (kakak tingkat) dan teman. Perdalam wawasan dengan banyak membaca buku, mencari bahan bacaan, dan menonton video dengan berbagai pembelajaran.

Saat kamu merasa kesulitan ketika belajar atau hal lain mengenai perkulian, jangan takut untuk bertanya dan meminta bantuan kepada teman ataupun kating. Kamu tidak harus berjuang sendiri untuk menempuh hal-hal sulit.

3. Ikut organisasi 

Akan banyak sekali manfaat yang kamu dapatkan saat bergabung dalam suatu organisasi, yaitu melatih softskill dan hardskill. Dan kamu bisa menambah relasi yang nantinya akan berguna.

Inilah 3 hal yang perlu kamu perhatikan saat menjadi mahasiswa bar, agar kamu tidak menyesal dikemudian hari. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: