Kamu Pendaki Gunung, Ini Pelajaran Berharga yang Bisa Diambil dari Mendaki Gunung

Kamu Pendaki Gunung, Ini Pelajaran Berharga yang Bisa Diambil dari Mendaki Gunung

Dengan mendaki gunung, Kamu bisa mengambil pelajaran seperti solidaritas, kebersamaan dan kesabaran. -Instagram @eiger.banyuwangi-

INFORADAR. ID -  Mendaki gunung merupakan aktivitas yang sangat seru, beresiko sekaligus melelahkan. 

Dengan mendaki gunung kamu bisa menikmati keindahan alam dari puncak gunung yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya. 

Tak hanya itu, dengan mendaki gunung kamu bisa mengambil pelajaran hidup yang berharga saat melakukan pendakian. 

Berikut 5 pelajaran hidup yang bisa diambil saat melakukan pendakian gunung, 

1. Rasa Solidaritas Dan Kekeluargaan 

Pertama pelajaran yang bisa diambil saat mendaki gunung adalah solidaritas. Saat mendaki gunung kamu bisa bertemu dengan orang lain atau kelompok yang sama-sama sedang melakukan pendakian. Disitu kamu bisa mendaki bersama, melewati rintangan menuju puncak, saling membantu, sehingga menumbuhkan rasa kekeluargaan dan solidaritas. 

2. Kesabaran

Dengan mendaki gunung, tanpa disadari kamu telah melatih kesabaran. Saat perjalanan menuju puncak gunung sudah pasti banyak tantangan yang merintang, baik itu cuaca yang tidak menentu,  kehujanan, kepanasan, fisik terasa lemas dan sebagainya. Disitulah kesabaran dan ketekunan di uji demi mencapai puncak. 

3. Menghargai Sesuatu

Dengan mendaki gunung, pelajaran yang bisa kamu dapatkan ialah bisa menghargai sesuatu. Misalnya 1 bungkus atau 1 gelas air minum sangatlah sangat berharga jika kamu sedang melakukan pendakian, beda halnya dengan dirumah, mungkin 1 gelas air pun sering kamu buang atau abaikan begitu saja. 

4. Kebersamaan dan Gotong Royong

Kebersamaan dan gotong royong saat melakukan pendakian sangatlah penting. Seperti membagi tugas dengan rekan pendakian. sebagian ada yang mendirikan tenda, membuat makanan dan lain sebagainya. 

5. Rasa Syukur dan Bahagia 

Dari lelahnya saat melakukan pendakian dan menghadapi berbagai macam rintangan, pada akhirnya sampailah kamu ke puncak gunung. Disitulah sudah rasa syukur yang dirasakan, karena tidak semua orang bisa mencapai sampai puncak. Tak hanya itu,  indahnya pemandangan dan udara sejuk dari atas gunung bisa membuat kamu bahagia, me refresh otak, dan menumbuhkan semangat untuk melakukan aktivitas selanjutnya. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: