Kenali Sisi Gelap Internet yang Belum Banyak Orang Tahu

Kenali Sisi Gelap Internet yang Belum Banyak Orang Tahu

Ilustrasi : Penggunaan internet oleh users dari sisi gelap dari internet.-pixabay/@geralt-

INFORADAR.ID - Internet merupakan singkatan dari Interconnected-Networking, merupakan salah satu rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian lainnya.

Banyak manfaat Internet dalam memenuhi kebutuhan sehar-hari, karena memang pada saat ini dunia sudah serba canggih dan sangat mudah diakses di mana pun atas bantuan dari Internet.

Kala ini, Internet bisa menjadi salah satu penunjang bagi kita untuk mencari sumber ilmu pengetahuan yang diabntu dengan rangkaian pendukung lainnya, sehingga menjadi satu kesatuan yang sempurna, sebagaimana yang sering kita gunakan.

Tidak hanya kaya akan manfaat, Internet juga bisa menjadi salah satu hal yang dirasa membahayakan kita, sebagai pengguna dengan dampak ynag cukup sensitif, sehingga bisa kita rasakan.

Namun, perlu kita ketahui, bahwa Internet juga ternyata memiliki sisi gelap yang sepertinya tidakbanyak diketahui oleh user atau pengguna biasa.

Terdapat banyak sisi gelap Internet yang biasa kita gunakan sebagai alat berkomunikasi di mana pun dan kapan pun itu waktunya.

Ada pula sisi gelap Internet yang tidak sedikit pula menggunakannya untuk kepentingannya masing-masing namun dirasa kurang baik.

Simak penjelasan sisi gelap Internet lebih lanjut:

Deep Web

Deep Web merupakan halaman website yang di mana keberadaannya dapat ditemukan melalui mesin pencari seperti google dan bahkan dia memiliki platfoam yang dapat diakses dengan mudah.

Sebagian besar dari situs Deep Web marupakan halaman website yang legal untuk digunakan yang walaupun sifatnya rahasia untuk diketahui orang lain, namun Deep Web ini memerlukan kredensial untuk mengaksesnnya.

Deep Web ini menjadi halaman situs yang aman karena privasi user akan dijaga sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Contoh dari Deep Web itu sendiri, seperti e-mail, saldo Internet banking dan hal serupa lainnyad.

Dark Web

Dark Web merupakan salahs atu bagian dari Internet yang lebih dalam lagi dibandingkan denegan Deep Web. Kita tidak bisa sembarangan asal mengakses halaman ini karena membutuhkan software tertentu agar menjadi pengguna anonim.

Dalam menggunakan website ini, users biasanya menyamarkan namanya dan jika tidak, menjadikan dirinya sebagai anonim seperti yang telah disebut sebelumnya.

Hal itu dilakukan guna menyamarkan pengguna aslinya, karena memang halaman website ini merupakan web yang ilegal untuk diakses oleh sembarang orang, sehingga banyak orang dari penggunanya menutupi identitas agar tidak diketahui dan tertangkap.

Dark Web ini biasanya digunakan untuk hal-hal yang kurang pantas dan bahkan berbahaya, sehingga resiko yang didapatkan oleh pengguna Dark Web ini sangatlah tinggi.

Adapun bebera sisi gelap daripenggunaan Dark Web ini biasanya digunakan untuk berbagai hal seperti, perdagangan narokoba, penjualan senjata api, dokumen rahasia (bisa jadi rahasia suatu negara), pornografi dan bahkan yang paling menyeramkan adalah perdangan manusia dan organ.

Nah, itulah kedua sisi gelap dari Internet, deep we dan Dark Web. Semoga hal ini bisa memberikan pemahaman bagi kita, selaku pengguna Internet agar bersikap lebih bijak.(*)

Siti Nursyhaidah Syabani, Mahasiswa PPL UIN SMH Banten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: