Tentukan Jam Belajar Kamu Sebaik Mungkin untuk Menjadi Seorang yang Lebih Jenius

Tentukan Jam Belajar Kamu Sebaik Mungkin untuk Menjadi Seorang yang Lebih Jenius

Potret anak remaja yang sedang belajar.-unsplash/@isengrapher-

INFORADAR.ID - Belajar menjadi salah satu kebutuhan kita untuk memenuhi kebutuhan pengetahuan kita agar lebih menjadi orang yang berwawasan, sehingga perlu adanya jadwal belajar.

Jadwal belajar bisa berfungsi sebagai penunjang agar menjadi patokan kita untuk menempuh pengetahuan dengan belajar banyak hal.

Jadwal belajar setiap orang tentunya akan berbeda-beda, sehingga target dan pencapaiannya pun akan berbeda juga.

Namun, di lain dari itu, terdapat jadwal khusus tertentu untuk membantu kita agar lebih sistematis dalam mempelajari suatu hal, di mana jadwal belajar tersebut bisa menjadi penunjang kita agar lebih produktif lagi.

BACA JUGA:Mau Jago Bahasa Inggris? Yuk, Cek 3 Rekomendasi Channel YouTube Untuk Belajar Bahasa Inggris

Yuk, simak bagaimana jadwal belajar orang-orang jenius:

Pagi untuk belajar

06.00 – 07.30 (Waktu Memori Emas)

Hafalkanlah beberapa materi yang sulit untuk dihafal tetapi harus difahami, seperti pembelajaran, kata-kata atau hal lainnya yang menurutmu itu penting.

07.30 – 08.00 

Pada jam ini, kamu bisa mendengarkan TED (Technology, Entertainment, Design) ketika waktu sarapan untuk mulai mengaktifkan otakmu sebagai pemanasan awal.

Siang untuk istirahat

11.00 – 12.00

Otak kamu akan terasa capek setelah belajar di pagi hari. Dalam waktu ini, kamu juga bisa mengatur beberapa tinjauan rutin  setiap harinya.

12.000 – 13.00 

Bersantailah sekejap selagi makan siang. Namun jangan langsung tidur setelah makan siang, ya. Kamu bisa jalan-jalan terlebih dahulu sembari menunggu nasimu turun.

13.00 – 14.00

Setelah berjalan-jalan dengan waktu yang cukup, kamu bisa beristirahat dengan tidur siang kurang lebih selama 30 menit saja, jangan terlalu lama.

BACA JUGA:Main Bonus Belajar, 4 Games Ini Bisa Mengasah Bahasa Asing Kamu

Sore untuk berpikir 

14.00 – 16.00 (Waktu Emas Belajar)

Pada waktu ini, kamu bisa mempelajari hal apapun yang kamu mau, baik membaca, menulis atau apapun itu yang membuatmu nyaman.

16.000 – 18.00

Pada jam ini, sangatlah ccok untuk mempelajari pelajaran yang saintis, seperti ilmu perhitungan sebagaimana pelajaraman matematika dan sejenisnya.

18.00 – 19.00

Di waktu ini, kamu bisa mengobrol dengan santai bersama teman atau keluargamu ketika makan malam dan kamu bisa juga mendengarkan musik yang kamu suka.

Malam untuk mengulang

19.00 – 19.30

Pada jam ini, lakukan latihan dengan benar. Kamu bisa mengerjakan suatu hal apa yang kamu minati dengan mengembangkan hal itu sebagai kebutuhan penunjangmu.

19.30 – 22.00

Pada saat ini, kamu bisa mengatur waktu untuk mengulas yang disesuaikan dengan kondisi kamu agar terasa lebih nyaman.

22.00 – 23.00 (Waktu Memori Emas)

Sebelum kamu tidur, cobalah untuk mengulang hafalan dengan membuka ulang catatan agar sebelum kamu tidur, secara tidak langsung bisa terekam secara natural.

Nah, itulah jadwal belajar yang bisa diterapkan oleh siapa saja, agar bisa lebih sistematis dan lebih terstruktur sehingga kamu akan lebih memiliki pengetahuan yang luas. (*)

BACA JUGA:Belajar Bahasa Inggris dengan 7 Film Ringan Berikut Bisa Bantu Kamu PD Speaking English

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: