Fakultas Dakwah UIN SMH Banten Lakukan Pelepasan 409 Mahasiswa untuk Melaksanakan PPL Integratif

Fakultas Dakwah UIN SMH Banten Lakukan Pelepasan 409 Mahasiswa untuk Melaksanakan PPL Integratif

POTRET : Momen Fakultas Dakwah melakukan pelepasan mahasiswa untuk melakukan PPL integratif pada hari Senin (10/7)-pict/Alauddin-

INFORADAR.ID, - Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten melakukan pelepasan terhadap 409 Mahasiswa untuk Praktik Profesi Lapangan (PPL) pada hari Senin, 10 Juni 2023 di pelataran Fakultas Dakwah.

Fakultas Dakwah UIN SMH Banten terdiri dari tiga program studi (prodi) yang berbeda, seperti prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) dan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI).

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini merupakan tahun pertama bagi mahasiswa Fakultas Dakwah melakukan PPL dengan metode yang berbeda, yakni PPL integratif.

PPL integratif merupakan PPL yang dilakukan dalam satu waktu yang bersamaan dengan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta).

PPL yang dilakukan secara bersamaan ini dilaksanakan di erbagai daerah dan lokasi yang berbeda, baik dalam organisasi pemerintahan, lembaga sosial, lembaga swasta ,komunitas, media juga beberapa desa di Banten bahkan di luar Banten.

Dilansir dari @fadauinsmhb, Endad Musaddad, selaku dekan Fakultas Dakwah mengungkapkan bahwa kegiatan PPL ini sebagai pengaplikasian dari pembelajaran yang telah ditempuh oleh mahasiswa.

"Kegiatan PPL ini merupakan kesatuan dalam kegiatan pembelajaran. Selain menjadi proses belajar di lapangan secara langsung, mahasiswa pun turut mengaplikasikan teori-teori yang sudah didapatkan selama di kampus," jelasnya.

Pelepasan ini dilakukan langsung oleh Rektor UIN SMH Banten yang diwakilkan oleh Wakil Rektor bidang akademik dan kelembagaan, Mufti Ali.

Dalam sambutannya, Mufti Ali mengatakan bahwa adanya PPL integratif ini menjadi salah satu peluang percepatan bagi mahasiswa itu sendiri.

"Fakultas Dakwah senantiasa memberikan warna baru, visioner dan progresif. Adanya PPL yang terintegrasi dengan Kukerta ini bisa menjadi peluang bagi mahasiswa agar lulus tepat waktu atau bahkan melampaui standar kelulusan," terangnya.

Selain itu juga Mufti Ali mengatakan bahwa program PPL integratif ini memiliki dampak yang cukup baik.

"PPL integratif yang merupakan salah satu percepatan kelulusan bagi mahasiswa yang tentunya akan berdampak bagi universitas, terlebih bagi fakultas dan juga program studinya," tambah Mufti Ali.(*)

 

Siti Nursyhaidah Syabani, Mahasiswa PPL UIN SMH Banten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: