36 Daftar List Makanan dan Camilan yang Bisa Jadi Referensi Hidangan Buat Lebaran

36 Daftar List Makanan dan Camilan yang Bisa Jadi Referensi Hidangan Buat Lebaran

36 Daftar List Makanan dan Camilan yang Bisa Jadi Referensi Hidangan Buat Lebaran. Ilustrasi: Freepik-Freepik.com-

Berikut adalah daftar list makanan yang biasa disediakan saat momen lebaran:

1. Ketupat: Ketupat adalah makanan khas Lebaran yang terbuat dari nasi yang dikukus dalam anyaman daun kelapa muda. Ketupat biasanya disajikan dengan opor ayam atau rendang.

2. Rendang: Rendang adalah masakan daging yang berasal dari Sumatera Barat. Rendang biasanya disajikan dalam bentuk potongan daging yang dimasak dalam bumbu kaya rempah-rempah yang kental dan berwarna cokelat.

3. Opor Ayam : Opor ayam sebenarnya adalah ayam rebus yang diberi bumbu kental dari santan yang ditambah berbagai bumbu seperti serai, kencur, dan sebagainya. 

4. Sambal Goreng: Sambal goreng merupakan hidangan khas Jawa yang terdiri dari bahan-bahan seperti tahu, tempe, kentang, dan potongan daging yang dimasak dalam sambal pedas. Sambal goreng sering disajikan sebagai camilan saat Lebaran.

5. Kue Kastengel: Bentuknya berbentuk kotak kecil dan rasanya gurih serta renyah. Kue ini sangat populer dan sering dihidangkan selama Lebaran.

6. Kue Putri Salju: Kue putri salju adalah kue yang memiliki tekstur yang renyah dan lembut di dalamnya. Terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, gula halus, dan vanili, kue ini biasanya dilumuri dengan gula halus di bagian luar sehingga menyerupai salju.

7. Kue Lidah Kucing: Kue lidah kucing memiliki bentuk yang pipih dan panjang seperti lidah kucing. Terbuat dari campuran tepung terigu, mentega, gula, dan telur, kue ini memiliki rasa manis yang lezat dan sering dihidangkan sebagai hidangan penutup.

8. Kue Nastar: Kue nastar adalah kue yang terkenal di Indonesia, terutama saat Lebaran. Kue ini memiliki kulit yang lembut dan isian selai nanas di dalamnya. Biasanya kue ini berbentuk bulat kecil dengan taburan gula halus di atasnya.

9. Kue Lapis Legit: Kue lapis legit adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari lapisan adonan berbahan dasar tepung terigu, mentega, gula, telur, dan rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh. Kue ini memiliki tekstur yang padat dan manis, dan biasanya disajikan dalam bentuk kotak kecil.

10. Kue Lumpur: Kue lumpur adalah kue basah yang terbuat dari campuran tepung terigu, gula, telur, santan, dan vanili. Kue ini memiliki tekstur yang lembut dan beraroma wangi. Biasanya kue lumpur memiliki topping seperti keju parut atau kismis di atasnya.

11. Kue Serabi: Kue serabi adalah kue tradisional Indonesia yang terbuat dari adonan tepung beras, air kelapa, gula, dan santan. Kue ini dipanggang di atas wajan datar dan memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang manis. Kue serabi biasanya disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah cair.

12. Kue Akar Kelapa : Berasal dari Betawi, kue ini dibuat dari bahan dasar kelapa dan sagu.

13. Kue Bawang: Kue bawang atau keripik bawang memiliki tekstur renyah dan gurih dengan aroma harum yang lezat. Bentuknya biasanya kotak atau stik.

14. Kue Onde-onde : Onde-onde mini dapat menjadi pilihan sajian kue lebaran di rumah. Bagian luar kue ini dibalut dengan kacang wijen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: briliofood.net