Enam Jenis Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Diet

Enam Jenis Makanan yang Bikin Kenyang Lebih Lama, Cocok Buat Diet

--

INFORADAR.ID – Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang dibutuhkan setiap saat dan memerlukan pengolahan yang baik dan benar supaya bermanfaat bagi tubuh.

Diet merupakan perubahan pola makan menjadi lebih sehat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Diet sehat juga untuk membantu menurunkan berat badan berlebih. Selain berolahraga, biasanya diet juga untuk membentuk tubuh ideal oleh kebanyakan wanita.

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet, memilih makanan yang tepat itu penting. Karena memang ada golongan ataupun jenis makanan tertentu yang dapat mengirimkan sinyal ke otak bahwa makanan yang dikonsumsi terpuaskan.

Dalam melakukan program diet, kita tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi segala jenis makanan. Diet dilakukan untuk memperbaiki kebiasaan makan yang tidak teratur dalam porsi yang ditentukan. Lantas makanan seperi apa yang harus dikonsumsi dalam menjalankan program diet?

Berikut jenis makanan diet yang bisa bikin kenyang lebih lama:

Makanan yang pertama di antaranya adalah sup. Jika anda mengonsumsi sup akan membuat atau merasa kenyang lebih lama. Apalagi kalau supnya banyak sayurannya. Nah kemudian, sup yang baik adalah sup yang mengandung protein juga, seperti dengan menambahkan kacang merah, kacang hijau, daging tanpa lemak, hingga ikan ataupun ayam.

Jadi protein juga membantu untuk kenyang lebih cepat dan lebih lama. Mengonsumsi sup lebih baik dilakukan ketika siang hari. Karena agar memberikan efek kenyang lebih lama, laparnya tertahankan agar tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Makanan yang kedua yaitu buah alpukat. Nah jadi buah alpukat bisa juga membuat kenyang bisa juga digantikan menu atau hidangan di siang hari dengan setengah potong alpukat. Tetapi perlu diingat, cara pengolahannya harus benar-benar diperhatikan. Jangan dicampur gula dan susu kental manis. Ya kalau bisa setengah potong alpukat saja tanpa campuran apapun. Jika masih terasa lapar dengan sepotong buah alpukat, maka bisa ditambahkan buah atau sayuran lainnya juga.

Makanan yang ketiga yaitu telur. Sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Karena telur biasanya dikonsumsi untuk menu sarapan. Dengan sarapan telur kita dapat mencegah makanan berlebihan pada siang hari. Karena telur mengandung protein yang tinggi. Sehingga akan merasa kenyang dengan cepat, kemudian juga tidak ingin makan berlebihan pada siang harinya.

Makanan yang keempat yaitu gado-gado. Banyak orang mengonsumsi gado-gado untuk menu sarapan di pagi hari. Namun gado-gado juga sering dijadikan sebagai menu makan siang. Karena kaya akan gizl dan nutrisi. 

Gado-gado biasanya terdiri dari sayuran yang tinggi serat, yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi, vitamin, mineral. Akan tetapi perlu diperhatikan, kalau kita sedang mengonsumsi gado-gado jangan ditambah nasi ataupun lontong. Gado-gado juga terdiri dari bumbu kacang yang kaya akan lemak tak jenuh dan juga bisa mengenyangkan. Selain itu kacang pada gado-gado juga kaya akan tinggi protein dengan ciri khas rasa yang gurih dan manis.

Makanan yang kelima yaitu ayam dan ikan. Kedua jenis makanan ini digabungkan karena ayam dan ikan mengandung protein rendah lemak. Protein rendah lemak yang terdapat pada daging ayam dan ikan, baik tuna, sarden, tidak membuat tubuh menjadi gemuk. Kemudian sebaiknya menghindari cara pengolahannya yang tidak sehat. Misalkan dengan cara digoreng, namun lebih baik dikukus atau direbus. Kemudian hindarilah bagian-bagian kulit, leher, yang banyak mengandung lemak, Jika ada ayam kampung maka lebih bagus dibandingkan dengan ayam negeri.

Makanan yang keenam yaitu bubur oatmeal. Makanan ini sangat bagus dikonsumsi karena selain mudah dalam pembuatannya, oatmeal juga kaya akan karbohidrat yang sangat bagus bagi tubuh kita. Dalam proses pengolahannya juga membutuhkan waktu yang lama, karena dia termasuk karbohidrat kompleks. Oleh karena itulah anda tidak akan mudah untuk lapar dengan cara mengonsumsi bubur oatmeal, gandum dan sejenisnya.

Itulah beberapa jenis makanan diet yang dapat membuat kita lebih cepat kenyang dan tidak mudah lapar. Bagi kalian yang sedang menjalankan program diet, beberapa jenis makanan diatas dapat dijadikan referensi. (Syadad Gen-RB)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: