WASPADA!, Status Sungai Ciujung Naik menjadi Awas

WASPADA!, Status Sungai Ciujung Naik menjadi Awas

Debit Sungai Ciujung terus naik dalam dua hari ini. Kini statusnya naik menjadi Awas.-Yusuf Permana-

LEBAK, INFORADAR.ID --- Setelah pada Selasa, 27 Desember 2022, Sungai Ciujung dalam status Siaga 1, Kamis, 29 Desember 2022 naik menjadi Waspada.

Kenaikan status ini diakibatkan hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Lebak sejak beberapa hari terakhir ini, sehingga membuat ketinggian air aliran sungai Ciberang-Ciujung naik. 

Terkini, tinggi muka air (TMA) kedua aliran sungai itu sudah mencapai 572 Centimeter (Cm) dengan debit air mencapai 604 m3/detik. Statusnya pun kini naik dari Siaga menjadi Awas.

"Berdasarkan pemantauan di lapangan ketinggian dan debit air sungai Ciberang-Ciujung saat ini terus meningkat dan saat ini sudah berstatus Awas," kata Kepala BPBD Lebak Febby Rizki Pratama, Kamis 29 Desember 2022.

Kata Febby, meningkatnya ketinggian air kedua aliran sungai itu diakibatkan oleh curah hujan yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Lebak baik itu di kawasan hulu maupun hilir.

Dirinya pun menginggatkan akan potensi bencana alam seperti banjir maupun longsor dikawasan pemukiman warga yang berada di pesisiran aliran sungai.

"Tentunya kita selalu mengimbau kepada warga di bantaran sungai untuk selalu waspada, karena hujan masih diprediksi akan terus terjadi hingga bulan Februari 2023," ingatnya.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, pihaknya juga sudah menyiagakan personel baik di posko utama BPBD Lebak maupun relawan di 28 kecamatan yang ada di Lebak. 

"Personel tentunya akan selalu siap untuk melakukan asessment jika terjadi bencana alam. Namun semoga kita berharap tidak ada bencana yang terjadi di Kabupaten Lebak ini," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, satus Sungai Ciujung kini Siaga 1. Menurut pantauan petugas, pada Selasa, 27 Desember 2022 pukul 10.00 siang, tinggi muka air (TMA) telah mencapai 470 centimeter dengan debit 507 M3/detik. 

Hal itu disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Lebak dalam beberapa hari terakhir ini. Sehingga beberapa aliran sungai di Kabupaten Lebak pun dilaporkan mengalami kenaikan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak, debit air sungai Ciberang-Ciujung pada Selasa 27 Desember 2022 pukul 10.00 WIB, sudah mencapai 507 m3/detik dan Tinggi Muka Air (Tma) sekitar 470 Cm. 

Kepala Pelaksana Harian BPBD Lebak Febby Rizki Pratama mengatakan, dengan debit dan Tma itu kini sungai Ciberang-Ciujung berstatus siaga 1.

"Betul sekarang status sungai Ciberang-Ciujung sudah Siaga 1, hal itu akibat hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Lebak," kata Febby saat ditemui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: