Arus Penumpang Mulai Padati Pelabuhan Merak, Ini Tips dari ASDP

Arus Penumpang Mulai Padati Pelabuhan Merak, Ini Tips dari ASDP

Sejumlah penumpang yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera bersiap naik kapal di Dermaga Eksekutif Merak. Foto: Bayu Mulyana/Radar Banten--

MERAK, INFORADAR.ID --- H-7 jelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Pelabuhan Merak mulai dipadati arus penumpang menuju ke Pulau Sumatera. 

Untuk memastikan kesiapan dan mengantisipasi membludaknya arus penumpang, seminggu lalu Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi meninjau Pelabuhan Merak. 

Ketika itu Kakorlantas meminta PT ASDP melalukan antisipasi-antisipasi sekecil apapun, demi memastikan kelancaran arus penumpang. 

PT ASDP Indonesia Ferry mencatat pada H-7 sendiri telah mencatat, untuk periode Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023 atau Minggu 18 Desember 2022 sebanyak 37.902 orang telah menyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak.

Jumlah itu naik 15 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 33 ribu orang. 

Kepadatan pun diperkirakan akan terus terjadi hingga puncak arus libur Natal 2022 pada Jumat 23 Desember atau H-2 dan Sabtu 24 Desember atau H-1. 

Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin memberikan tips kepada masyarakat yang akan menyeberang ke Sumatera di masa arus libur tersebut.

Pertama, beli tiket jauh-jauh hari secara mandiri sebelum waktu keberangkatan.

Tiket bisa dibeli di Web Reservasi atau Mobile Apps Ferizy, atau bisa juga membeli tiket di Gerai Resmi Ferizy, yaitu Alfamart, Indomaret, AgenBRILink, dan Delima Point. 

Pembelian tiket dapat dilakukan mulai 60 hari sebelum jadwal bepergian pengguna jasa.

Kedua, isi data orang dan kendaraan secara lengkap dan tepat sesuai kartu identitas, lalu check in dapat dilakukan mulai dari dua jam sebelum waktu masuk pelabuhan.

"Jangan terlambat yah," tutur Shelvy, Senin 19 Desember 2022.

Shelvy juga menyarankan agar memastikan seluruh penumpang telah memenuhi syarat vaksin dan tes covid-19 sesuai dengan aturan perjalanan yang dikeluarkan oleh Satgas Covid-19.

"Bila ada hal-hal yang memerlukan bantuan, segera hubungi petugas kami di lapangan atau ke Contact Center ASDP 191," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: