Polisi Selidiki Aksi Catcalling terhadap Bule Rusia di Jaksel

Polisi Selidiki Aksi Catcalling terhadap Bule Rusia di Jaksel

Seorang WNA asal Rusia mengalami tindak Catcalling di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Foto: -- PMJ News/Instagram @merekamjakarta ----

JAKARTA, INFORADAR.ID --- Kasus sopir taksi yang diduga melakukan pelecehan seksual (catcalling) terhadap seorang warga negara asing (WNA) asal Rusia di kawasan Mega Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan, videonya viral di media sosial (medsos). 

Peristiwa yang terjadi pada Senin (7/11/2022) dini hari ini sempat viral di media sosial. Saat itu, korban sedang berjalan sendiri di trotoar. Lalu dari mobil, terlihat taksi itu datang di sebelah kanan dan menggodanya. Perlakuan tersebut membuat bule Rusia ini ketakutan.

Seperti dilihat dari laman akun Instagram @merekamjakarta, Kamis (10/11/2022), terlihat rekaman kamera ponsel yang menayangkan dugaan 'catcalling' yang dilakukan oknum sopir taksi terhadap bule Rusia.

Menanggapi hal ini, Kapolsek Setiabudi Kompol Agung Permana mengatakan pihaknya telah turun tangan menyelidiki kasus yang beredar dan viral di media sosial tersebut. Namun, belum ada laporan resmi dari korban.

"Laporan resmi tidak ada. Sekarang kami sedang lidik," ujar kompol Agung saat dikonfirmasi wartawan.

Kendati begitu, Agung belum mengetahui secara rinci tindak pelecehan terhadap WNA tersebut. "Kejadian kapan itu tidak tahu. Kami tau info itu juga hari ini, dan sudah ramai di media soial,” jelasnya sebagaimana dikutip dari laman PMJ News. 

Sebagai informasi, catcalling merupakan salah satu bentuk pelecehan seksual dalam bentuk kekerasan verbal atau kekerasan psikis. Terdapat nuansa seksual dalam ucapan, komentar, siulan, atau pujian, kadang-kadang disertai kedipan mata.

Pujian atau sapaan bernuansa seksual, selama ini dianggap biasa saja. Padahal, perilaku semacam ini merupakan salah satu bentuk pelecehan. Catcallingmerupakan bentuk pelecehan seksual di ruang publik, biasanya dilakukan di jalanan atau fasilitas umum lainnya.

 

Editor: M Widodo

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: