Penyakit Jantung: Begini Fakta dan Pencegahannya

Penyakit Jantung: Begini Fakta dan Pencegahannya

--

INFORADAR.ID --- Setiap tanggal 29 September diperingati sebagai Hari Jantung Dunia. Begitu pentingnya sampai diperingati secara khusus, karena Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh kita. Menjaga dan merawatnya dengan baik, berarti menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan (lihat grafis-grafis).

Jantung adalah inti dari kesehatan dan kehidupanmu. Karenanya perlu kita jaga agar tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. 

Jika kesehatan jantung tidak baik, banyak masalah kesehatan serius yang bisa terjadi. Salah satunya serangan jantung.


--

Dalam beberapa dekade terakhir jumlah penderita dan jumlah kematian akibat penyakit kardiovaksukal terus meningkat. Setiap tahunnya tercatat sekitar 600 ribu kematian di Indonesia diakibatkan jantung. 

Yang lebih mengejutkan, kasus kematian ini didominasi usia produktif tak terkecuali usia muda 

Dikutip inforadar.id dari Laman sehat.negeriku.kemenkes go.id, pola hidup yang kurang sehat diduga jadi penyebab utamanya. Seperti kurang gerak, tingkat stress tinggi, dan pola makan buruk. Hayo ngaku siapa yang gaya hidupnya gini?


--

Walaupun memiliki efek mematikan, jantung bisa dicegah dengan membudayakan pola hidup sehat. 

Yang setiap harinya mengonsumsi gula, garam dan lemak dalam jumlah banyak sebaiknya dikurangi, makan sayur dan buahnya diperbanyak. 

Jika berat badan berlebih juga sebaikanya diturunkan ya. Dengan menurunkan berat badan sekitar 10% telah membantu mencegah terkena penyakit berbahaya lho. 

Imbangi budaya hidup sehat dengan rutin periksa ke dokter setidaknya 6 bulan sekali. Pemeriksaan ini penting untuk mendeteksi penyakit sejak dini. Jadi kalau ada apa-apa dengan tubuh kita, bisa ditangani lebih cepat. Presentase kesembuhannya pun jadi lebih besar. 


--

Kuncinya inget PATUH. Apa itu? 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: