Kapolri Lepas 140 Pasukan Perdamaian, yang Sudah Teruji Sesuai Standar PBB

Kapolri Lepas 140 Pasukan Perdamaian, yang Sudah Teruji Sesuai Standar PBB

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melepas 140 pasukan perdamaian PBB, Selasa, 6 September 2022. Foto: -- Divisi Humas Polri ----

JAKARTA, INFORADAR.ID --- Selama ini Indonesia aktif mengambil peran dalam pasukan perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di berbagai negara yang dilanda konflik. 

Dan, peran pasukan Indonesia diakui sangat berperan besar dalam menjaga perdamaian sekaligus membangkitkan semangat warga negara dimana pasukan bertugas. 

Selasa, 6 September 2022 ini, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo upacara pelepadan pasukan perdamaian dunia yang tergabung dalam Garuda Bhayangkara Satgas FPU 4 Minusca di Lapangan Bhayangkara, Jakarta Selatan.

Satgas Garuda Bhayangkara FPU 4 Minusca telah melewati proses latihan yang panjang dan telah teruji sesuai dengan standar PBB untuk pemberangkatan ke Bangui, Republik Afrika Tengah.

Dalam amanatnya, Kapolri berpesan kepada 140 personel FPU 4 Minusca dengan rincian 115 polisi laki-laki dan 25 personel polisi wanita untuk selalu berpedoman pada Tribrata sebagai pedoman hidup, serta Catur Prasetya sebagai pedoman kerja. 


Inilah 140 pasukan perdamaian PBB yang akan dikirim ke Bangui, Republik Afrika Tengah. Foto:-- Divisi Humas Polri ----

"Kepada personel Garuda Bhayangkara FPU 4 Minusca, saya berpesan agar terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan memedomani Tribrata sebagai pedoman hidup dan Catur Prasetya sebagai pedoman kerja," tegas Kapolri.

Dikutip inforadar.id dari laman Divisi Humas Polri, pada kesempatan yang sama, Kapolri mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini telah mendapatkan kepercayaan yang tinggi di mata dunia. Hal ini tergambar ketika Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan Presidensi G20, serta pada tahun depan akan menjadi Ketua ASEAN. 

"Ingatlah bahwa kepercayaan dunia internasional terhadap bangsa kita sangat tinggi. Bukan hanya itu, beberapa waktu yang lalu Bapak Presiden RI diterima oleh Presiden Rusia dan Presiden Ukraina sebagai jembatan perdamaian meskipun situasi geopolitik sedang memanas," kata Kapolri.

Indonesia, lanjut jenderal bintang empat ini, juga dipercaya oleh PBB sebagai Champions dari Global Response Group untuk penanganan krisis global, sebagaimana penyampaian Bapak Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR RI bersama DPR RI dan DPD RI Tahun 2022.

Pasukan Garuda Bhayangkara (Garbha) FPU 4 MINUSCA yang terdiri dari 25 polisi wanita (Polwan) dan 115 polisi laki-laki (Polki) yang telah mengikuti latihan pra penugasan untuk berangkat pada tanggal 17-19 September 2022. Acara dihadiri juga Brigjen. Pol. Krishna Murti, S.I.K., M.Si. sebagai Karomisinter Divhubinter Polri.

"Telah kami seleksi kesehatan, psikologi, dan kemampuan bahasa. Kemudian kita latih juga mereka bahasa Inggris dan bahasa Prancis, terutama karena disana adalah misi francophone, dan juga masalah teknik taktik lapangan agar mereka siap untuk ditempat di misi perdamaiaan PBB" terang Kadivhubinter Polri.

Satgas Garbha FPU 4 MINUSCA telah melewati proses latihan yang panjang dan telah teruji sesuai dengan standar PBB untuk pemberangkatan ke Bangui, Republik Afrika Tengah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: