Setelah Bebas, Hj Ratu Atut Diprediksi Bakal Berpengaruh pada Pilkada Banten dan DKI Jakarta

Setelah Bebas, Hj Ratu Atut Diprediksi Bakal Berpengaruh pada Pilkada Banten dan DKI Jakarta

Hj Ratu Atut Chosiyah. Foto: --- Laman FB Hj Ratu Atut Chosiyah -----

SERANG, INFORADAR.ID --- Kebebasan mantan Gubernur Banten Hj Ratu Atut Chosiyah pada Selasa, 6 September 2022, diprediksi bakal berpengaruh pada konstelasi politik lokal Banten: pemilihan kepala daerah (Pilkada) Banten. Bahkan bisa merembet ke Pilgub DKI Jakarta. 

Itu karena tak lepas dari pengaruh kekuasaannya yang kendati telah menghuni sel Lapas Klas IIA Tangerang selama 6 tahun lebih masih terasa pengaruhnya.

Tangan dinginnya yang berhasil menempatkan keluarga besarnya, siapa harus duduk dimana dan kapan waktu yang tepat merupakan kepiawaiannya dalam berpolitik. Dan, itu tak banyak dimiliki oleh politisi yang berangkat dari politik dinasti. 

Keluwesannya dalam mengambil peran dalam setiap momen penting ketika masih berkuasa, merupakan kematangannya dalam bertindak dan berpikir. Putri pertama tokoh Banten H Chasan Sochib ini sepanjang kariernya sebagai wakil gubernur dan selanjutnya menjadi gubernur selalu belajar dari pengalaman. 

Itulah ketika kakak kandung dari Bupati Serang Hj Ratu Tatu Chasanah, bebas dari Lembaga Pemasyarakatan Klas IIA Tangerang, Selasa, 6 September 2022 ini diprediksi bakal mengubah konstelasi politik. 

Pertanyaannya, apakah plot untuk Andika Hazrumy yang kabarnya bakal dipasang untuk Pilkada Kabupaten Serang tidak berubah. Begitu juga dengan Airin Rachmi Diany yang merupakan adik iparnya diusung Golkar untuk Pilgub Banten 2024 juga tidak berubah? Belum ada yang tahu persis.

Diprediksi dalam beberapa hari atau bahkan bulan, Bu Atut---sapaan akrabnya tidak akan membuat statemen politik. Ia akan bernostalgia dengan dengan keluarga besarnya. 

Namun, utak-atik justru datang dari pengamat politik. Pengamat politik ini menilai Hj Ratu Atut Chosiyah bakal memiliki pengaruh signifikan di peta politik di Tanah Jawara, Banten. 

"Kebebasannya Ratu Atut Chosiyah memiliki arti penting bagi para pengikutnya yang setia. Yang lama menunggu. Tentu kolega, sahabat, khususnya lingkaran bisnis juga sudah menunggu kiprahnya di tanah Banten," ujar Direktur Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie kepada Disway.id, Selasa 6 September 2022.

Menurut Jerry Massie, kemungkinan besar Ratu Atut Chosiyah bisa memberikan saran, pendapat sampai campur tangan dalam hal siapa kandidat dari dinastinya yang dinilai layak memimpin Banten dalam Pilkada 2024.

"Kita mendengar ada poros Airin Rachmi Diany yang kabarnya didukung Golkar untuk maju Pilgub Banten. Sementara ada Andika Hazrumy anak kandungnya Ratu, yang sudah belajar banyak dalam siklus pemerintahan di Banten saat duduk sebagai Wakil Gubenur. Ya, ini menarik," imbuhnya. 

Poros Airin Rachmi Diany pastinya mendapat sokongan dari suaminya Tubagus Chaeri Wardana. Sementara Andika Hazrumy sudah sewajarnya pula melanjutkan karir politiknya sebagai calon Gubernur.

"Tinggal kita lihat, dengan kembalinya Ratu Atut apakah skenario awal akan berubah, atau tetap memainkan pola awal. Andika Hazrumy maju Pilkada Kabupaten Serang, Airin Rachmi Diany berhadapan dengan Wahidin Halim. Ini seru," ujar Jerry Massie.

Apalagi, sambung dia, muncul wajah lama dari PDI Perjuangan. Seperti Rano Karno yang kabarnya tengah melakukakan pendekatan dengan Zaki Iskandar (Bupati Tangerang).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: