I Dewa Ayu dari Jateng Bertugas sebagai Pembawa Bendera Merah Putih

I Dewa Ayu dari Jateng Bertugas sebagai Pembawa Bendera Merah Putih

I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi, pelajar SMAN 2 Kudus (kiri) bertugas sebagai pembawa bendera merah putih pada upacara HUT ke 77 Kemerdekaan RI tahun 2022 di Istana Merdeka. Foto: BPMI Setpres--

Sebagai informasi, akibat pandemi COVID-19, dua tahun sebelumnya upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi di halaman Istana Merdeka hanya dihadiri oleh peserta terbatas sementara tamu undangan lainnya hadir melalui konferensi video. Namun, untuk tahun ini, dalam rangka memperingati HUT ke-77 RI, undangan dapat hadir langsung di Istana Merdeka.

“Penyelenggaraan ini tentu saja atas arahan Presiden dan Ibu Negara karena beliau sangat memperhatikan dan melihat animo, keinginan, dan harapan masyarakat dan juga kerinduan masyarakat untuk dapat hadir secara langsung di Istana Merdeka,” ujar Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana.


Presiden Joko Widodo saat menyerahkan bendera merah putih kepada I Dewa Ayu Firsty Meita Dewanggi Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres--

Walaupun diselenggarakan secara tatap muka, upacara tetap berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri oleh sekitar 4.500 undangan.

“Kami tidak membuka 100 persen, kami masih berada di angka 60 persen dengan kaidah-kaidah protokol kesehatan yang ketat. Jadi kita masih bertahap, sekarang sampai di 60 persen, kurang lebih di angka 4.500 (undangan),” kata Yusuf.

Untuk itu, lanjut Yusuf, Istana kemudian memfasilitasi para undangan yang tidak dapat hadir secara langsung, dengan membuka kegiatan upacara virtual.

“Upacara virtual ini dapat dihadiri sampai dengan 77 ribu masyarakat dari Sabang-Merauke, termasuk diaspora yang berada di luar negeri,” imbuhnya. 

 

Editor: M Widodo

Sumber: Setkab RI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: