Kiat Atasi Rasa Malas dengan Prinsip Orang Jepang

Kiat Atasi Rasa Malas dengan Prinsip Orang Jepang

Ilustrasi Foto Pixabay--

INFORADAR.ID - Setiap orang pasti mempunyai rasa malas saat menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Meskipun itu sifat manusiawi, akan tetapi jika dibiarkan akan dapat menurunkan performa aktivitas kita sehari-hari.

Dilansir dari Lastminute.com, Indonesia dinobatkan menjadi negara yang paling "mager" mengungguli negara Islandia dan Selandia Baru. 

Hal ini tentunya bukanlah suatu prestasi yang baik dan patut untuk dibanggakan. Apalagi jika harus dibandingkan dengan salahsatu negara di Asia, yakni Jepang. 

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa Jepang merupakan salahsatu negara dengan tingkat disiplin yang ketat dan menjadi negara maju dengan pertumbuhan ekonomi tercepat setelah kehancurannya dalam perang dunia ke-2.

Lantas, sebenarnya apa rahasia  orang-orang Jepang bisa menjadikan sikap disiplin menjadi sebuah budaya yang melekat erat bagi masyarakatnya? Dan apakah bisa, budaya Jepang tersebut kita terapkan di kehidupan sehari-hari kita? Mari kita bahas bersama di tulisan ini.

Alasan orang jepang mempunyai etos kerja yang baik dan mempunyai sikap disiplin yang ketat adalah karena mereka sudah terbiasa melakukan hal-hal kecil secara rutin. Hal ini sudah ditanamkan sedari kecil dan menjadi sebuah prinsip bagi orang Jepang yang disebut dengan prinsip Kaizen.

Chanel Youtube Satu Persen membeberkan kiat mengatasi rasa malas dengan prinsip Kaizen. 

Jika dari segi bahasa, Kaizen berasal dari dua suku kata yakni "Kai" Yang berarti Perubahan dan juga "Zen" Yang berarti kebijaksanaan. Artinya, prinsip ini mengajarkan bahwa perubahan dalam hidup akan bisa tercapai dengan perlahan dan dengan penuh kebijaksanaan. 

Sederhananya, prinsip Kaizen juga dikenal dengan prinsip satu menit. Karena pada intinya, kamu akan diajarkan melakukan sesuatu hanya dengan waktu satu menit setiap harinya. 

Kamu juga akan diajarkan rasa tanggung jawab terhadap suatu tugas yang akan kamu kerjakan walaupun hanya satu menit setiap harinya. 

Dan jika kamu berhasil, sensor motoric kamu akan merasa ingin melakukan yang pekerjaan yang lebih karena merasakan efek ketagihan setelah menyelesaikan tanggung jawab yang berhasil kamu kerjakan.

Kuncinya disini adalah kamu harus bisa "bijaksana" Terhadap porsi kegiatan yang kamu lakukan agar bisa dilakukan secara rutin. Jangan sampai kegiatan yang kamu lakukan membuat semua energimu habis dan justru membuatmu malas dan enggan melakukannya lagi. Semuanya harus dilakukan secara perlahan dan rutin. 

Salahsatu contohnya adalah ketika kamu menginginkan bentuk tubuh ideal dengan cara giat berolahraga. Semua orang juga pastinya tak bisa menyangkal, bahwa selain membuat badan sehat, rutin berolahraga juga dapat membentuk tubuh yang ideal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: