Beberapa Posisi Tidur Yang Bisa Mengurangi Nyeri Haid

Beberapa Posisi Tidur Yang Bisa Mengurangi Nyeri Haid

-Hello Sehat-

Menstruasi yang dialami kaum perempuan setiap bulan seringkali menyebabkan nyeri pada perut bagian bawah. Kram yang terjadi pada saat menstruasi disebabkan oleh fluktuasi hormon dalam tubuh.

Kaum perempuan yang merasakan kram pada perut bagian bawah saat mengalami menstruasi seringkali melakukan berbagai cara untuk menghilangkan nyeri yang dirasakannya seperti meminum obat, memberikan kompresan pada bagian yang sakit, berendam di air hangat dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan karena rasa nyeri yang timbul akibat menstruasi menyebabkan aktivitas terhambat.

Namun, siapa sangka hanya dengan mengatur posisi tidur bisa mengurangi rasa nyeri pada perut bagian bawah saat haid.

Ada beberapa posisi yang bisa kamu coba untuk mengurangi nyeri haid pada saat hari pertama menstruasi.

1. Fetal Position (posisi janin)

Posisi pertama untuk mengurangi rasa nyeri saat haid kamu bisa melakukan posisi janin. Pada posisi ini kamu bisa tidur dengan cara meringkuk dengan lutut yang hampir bersentuhan dengan bagian dada seperti janin yang ada di dalam tubuh. Menurut penelitian posisi janin ini akan membantu otot-otot di sekitar perut lebih terasa rileks dan bisa membantu meredakan nyeri haid.


-Hello Sehat-

2. Tidur dengan bantal yang disimpan di bawah lutut

Posisi selanjutnya untuk mengurangi nyeri saat haid yaitu dengan menggunakan bantal yang disimpan di bawah lutut.

 

Posisi ini bisa kamu lakukan dengan berbaring secara terlentang dan simpan bantal di bagian bawah lutut untuk menjaga keseimbangan kaki yang akan mempengaruhi aliran darah. Dengan menggunakan bantal yang disimpan di bawah lutut, akan mengurangi rasa nyeri pada perut bagian bawah dan memberikan rasa nyaman saat tidur.
-Grid Health-

3. Child Pose (pose anak)

 

Posisi yang terakhir untuk mengurangi nyeri haid yaitu posisi anak. Kamu bisa melakukan posisi duduk dengan kedua kaki ditekuk, lalu posisikan tubuh dengan tengkurap ke bagian depan. Melakukan posisi anak dengan perut yang terhimpit bisa memberikan rasa nyaman dan mengurangi nyeri pada perut bagian bawah saat menstruasi.
-Grid Health-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: