Bunda, Memberikan ASI Dapat Mencegah Kanker Payudara

Bunda, Memberikan ASI Dapat Mencegah Kanker Payudara

--

JAKARTA,INFORADAR.ID-Penting bagi ibu untuk memberikan ASI agar bayinya lebih sehat. Sebab memberikan ASI sama dengan memberikan nutrisi. Gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bayinya.

Kenapa bayi baru dilahirkan wajib diberikan ASI? Karena ASI itu lebih steril, aman dari pencemaran kuman, produksi disesuaikan dengan kebutuhan bayi. Serta mengandung antibodi yang dapat menghambat pertumbuhan.

Sepert dikutip INFORADAR.ID, dari situs resmi Kementerian Kesehatan, ASI dapat membunuh kuman atau virus. Sehingga akan membuat bayi terhindar dari bahaya alergi.

Kemudian bagi seorang Ibu yang memberikan ASI pada bayinya akan membuatnya terhindar dari kanker payudara pada masa mendatang. Serta akan menyebabkan kesuburan ibu akan berkurang untuk beberapa bulan. 

Hal itu sama saja dengan mengikuti program Keluarga Berencana. Terkait hal itu telah dilaporkan bahwa dengan menyusui akan terjadi amenore (tidak menstruasi) sampai 12-13 bulan. 

Bahkan amenore ini menurut beberapa penyelidik dapat mencapai 2 tahun. Adanya amenore ini disebabkan adanya hormon prolaktin dan laktogenik kompleks dari kelenjar hipofise yang akan menghambat ovulasi.

Begitu besarnya manfaat memberikan ASI  maka tidak ada alasan bagi Ibu tidak memberikan ASI kepada anak dilahirkannya. 

Adapun  kesiapan seorang Ibu akan menyusui yaitu melakukan perawatan pada payudara semenjak usia kehamilan pada bulan ke-7-8 agar dapat memproduksi ASI cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi. 

Setelah bayinya lahir, cara menyusui yang baik ialah ibu merasa bahagian dan nyaman. Dapat dilakukan sambil duduk atau sambil tidur. 

Untuk waktunya bisa secara bergantian selama 10-15 menit setiap payudaranya.  Pemberian ASI selama 15 menit ini memberikan nutrisi cukup untuk bayi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: