Hobi Bersepeda, ini aksesoris Sepeda yang Wajib Diketahui Pemula

Hobi Bersepeda, ini aksesoris Sepeda yang Wajib Diketahui Pemula

Pesepeda melintas di wilayah jembatanTimbang, Cikande Juni 2022. Dok Radar Banten--

INFORADAR.ID- Bersepeda menjadi hobi yang makin banyak penggemar di tanah air. Entah itu suka, atau hanya ikut-ikutan saja. Yang jelas banyak lahir komunitas atau kelompok sepeda dengan beragam persamannya. 

Ada yang memakai sepeda hanya sebagai alat rekreasi dan olahraga, seperti komunitas sepeda akhir pekan dan ada juga pelajar, pengajar, pekerjaan yang memakai sepeda sebagai alat transportasi harian. 

Bagi penghobi sepeda, tentu telah banyak mengenal seluk beluk sepeda dan aksesorisnya. Namun, untuk pemula atau orang yang baru memulai hobi bersepeda ada beberapa hal yang harus diketahui. Seperti, aksesoris sepeda yang penunjang hobi anda.Terkesan receh tapi bisa mendongkrak kenyamanan jika di-upgrade. 

Berikut beberapa jenis aksesoris sepeda yang dirangkum oleh INFORADAR. ID. 

1.Helm Sepeda atau Bike Helmet 

Aksesoris ini bagian terpenting untuk keselamatan pesepeda. Kita tidak bisa tahu kejadian yang bisa saja terjadi, kita menabrak, kita ditabrak, jalan berlubang, pengereman mendadak, terkena lemparan, kejatuhan benda, dan lainnya. Helm sepeda ini wajib dipakai ketika bersepeda.

Helm sepeda berguna melindungi kepala kita dari cidera akibat benturan di kepala. Helm sepeda yang bagus adalah helm yang memberikan keamanan, ventilasi dan kenyamanan. Perkembangan helm sepeda membuat desain yang semakin nyaman, dengan penambahan lapisan atau bantalan agar bisa disesuaikan dengan bentuk kepala kita. Tidak hanya ukuran dan bentuk helm, kita juga perlu untuk memperhatikan fitur apa saja yang ada pada helm sepeda. 

2. Sarung Tangan

Sama seperti helm, sarung tangan memiliki fungsi yang sama dengan helm yaitu melindungi bagian tubuh pengendara sepeda. Jika helm melindungi bagian kepala, maka sarung tangan akan melindungi jari dan telapak tanganmu dari cedera, bila terjatuh dari sepeda. Fungsi lainnya dari sarung tangan sepeda adalah melindungi tangan dari udara dingin atau terpaan panas sinar matahari. Selain itu sarung tangan akan memberikan pegangan yang lebih mantap saat memegang setang sepeda atau handlebar.

 3. Kunci Sepeda

kunci atau gembok sepeda sudah menjadi aksesoris wajib yang harus dimiliki oleh para pesepeda. Apalagi bagi pesepeda yang memiliki sepeda mahal seperti Brompton, Cannondale, Specialized dan lain-lain. Memasang kunci sepeda menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya kecolongan. Sehingga membuat tingkat keamanan dari sepeda harus ditingkatkan, demi keamanan sepeda itu sendiri.

4. Lampu dan Reflektor

Lampu sepeda dan reflektor berfungsi sebagai pncahayaan dalam kondisi kekurangan cahaya, seperti gelap, kabut, debu, dan lainnya. Dalam kondisi terangpun lampu dan reflektor sepeda tetap diperlukan, agar keberadaan kita ketika bersepeda lebih terlihat. Lampu dan relektor memiliki sifat yang berbeda. Dalam keadaaan gelap, reflektor hanya berguna jika ada cahaya yang datang. Refelektor akan memantulkan cahaya, cahaya yang datan sedikit yang terpantul pun sedikit. Jadi reflektor bukan untuk menerangi kegelapan.

Reflektor tidak memiliki intensitas sinar yang kuat seperti lampu yang bisa menyilaukan. Cahaya dari relektor lebih terfokus, sehingga terlihat lebih terang tetapi hanya terlihat dari jarak yang lebih dekat dibandingkan dengan lampu. Reflektor akan sangat membantu karena biasanya kita hanya mengarahkan lampu sepeda ke depan. Jika ada kendaraan dari arah belakang kita, maka sinar dari lampunya akan terpantulkan dalam bentuk cahaya yang terang tetapi tidak menyilaukan. Makanya biasanya posisi refeltor tidak hanya dipasang di satu posisi, termasuk di posisi komponen yang bergerak agar lebih terlihat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: