5 Pekerjaan yang Laris Manis pada Tahun 2025

5 Pekerjaan yang Laris Manis pada Tahun 2025

--

INFORADAR.ID - MATI satu, tumbuh seribu. Begitu gambaran tentang pekerjaan di masa mendatang. World Economic Forum (WEF) memprediksi 85 juta pekerjaan akan "mati". Namun, ada  97 juta pekerjaan baru yang akan muncul. Setidaknya dalam 3 tahun sampai 5 tahun ke depan. 

 

WFE memerkirakan profesi yang laris manis yakni yang bergerak dalam bidang sains data. Juga, kecerdasan buatan. WEF dalam Prediksi Perkembangan Pasar Tenaga Kerja tahun 2020 sampai 2025, ada 20 jenis profesi yang jadi  incaran pasar kerja. 

 

Nah, meski belum tentu kebenarannya, namun jika merujuk data tersebut, calon mahasiswa baru wajib mencermatinya. Termasuk memilih jurusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Berikut ini daftar jurusan itu:

 

 

1. Sains Data

Tahun 2025, ahli sains data diperkirakan punya peluang besar dalam pasar tenaga kerja. Sejumlah universitas, baik negeri dan swasta sudah menyediakan jurusan ini. Salah satunya ITB. Di sana ada  jurusan Statistika dan Sains Data. Juga, di Universitas Airlangga (Unair). Profesi ini berpeluang mendapat gaji yang lumayan besar.

 

 

2. Pemasaran Digital

Profesi ini -orang biasa menyebut digital marketing-  akan banyak dicari pada 3 tahun sampai 5 tahun ke depan. Bahkan, denyutnya mulai terasa sekarang=sekarang ini. Jurusan ini banyak ditemui di sejumlah universitas dan perguruan tinggi di Indonesia. Contoh di Binus University, Universitas Padjadjaran, Universitas Prasetya Mulya serta universitas lainnya. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: