Melihat Gudang Peluru Pandeglang, Kini Sudah Beralih Fungsi

Melihat Gudang Peluru Pandeglang, Kini Sudah Beralih Fungsi

Bangunan Gudang Peluru di Makodim Pandeglang masih berdiri kokoh.-Tangkapan Layar Situs Resmi Kementerian Pendidikan-

PANDEGLANG, INFORADAR.ID - Kabupaten Pandeglang bukan hanya kaya akan potensi wisata tetapi juga menjadi tempat berdirinya bangunan bersejarah.

Bangunan bersejarah di Kabupaten Pandeglang yang saat ini masih berdiri kokoh merupakan peninggalan masa penjajahan Kolonial Belanda.

Salah satu bangunan bersejarah yaitu Gudang Peluru di Makodim 0601 Pandeglang yang  berada di Jalan Pendidikan, Kelurahan Kebon Cau, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. 

Gudang Peluru di Makodim Pandeglang, dikutip INFORADAR.ID, dari situs resmi Kementerian Pendidikan, dahulunya saat masa penjajahan Kolonial Belanda merupakan sebuan ruangan tempat penyimpanan senjata. 

Pada saat ini, bangunan Gudang Peluru masih berdiri kokoh namun tidak lagi menjadi tempat penyimpanan senjata dan peluru. Melainkan sudah beralih fungsi menjadi ruang pramuka, ruang brangkas, ruang perpustakaan, ruang kerja, dan ruang koperasi. 

BACA JUGA:Asal-usul Nama Pandeglang Banyak Versi Ceritanya, Meriam Ki Amuk dan Pangeran Cunihin

Adapun kondisi bangunan dari mulai pintu dan jendela pada bangunan ini pun masih asli. Sebagian besar pintu dan jendela terdiri dari bukaan ganda dan beberapa di antaranya berbentuk krapyak. 

Ukuran pintu dan jendela lebar dan tinggi dengan lubang angin yang besar dengan dimensi ini menunjukan bahwa bangunan tersebut masih memperlihatkan gaya kolonial. 

Bangunan Gudang Peluru berada di sisi timur bangunan utama Kodim Pandeglang

 

Reporter : Purnama Irawan

Editor : Agung SP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: