Bupati Serang Minta Setiap OPD Anggarkan Dana Untuk Dukung LKBA

Bupati Serang Minta Setiap OPD Anggarkan Dana Untuk Dukung LKBA

Bupati Serang Hj Ratu Tatu Chasanah bersama sejumlah pejabat dan Dirut Radar Banten Group Mashudi menghadap layar untuk memencet layar sebagai tanda launching LKBA 2022 di Radar Arena, Graha Pena Radar Banten, Rabu, 8 Juni 2022.--

SERANG, INFORADAR.ID - Bupati Serang Hj Ratu Tatu Chasanah menegaskan bahwa Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) adalah program unggulan atau program andalan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang. 

Oleh karena itu, keberhasilan program tersebut tidak bisa hanya diserahkan kepada satu dinas, yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). "Akan tetapi harus digarap secara bersama-sama oleh seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Harus digarap keroyokan," kata Hj Ratu Tatu Chasanah pada acara peluncuran atau Launching LKBA 2022 di Radar Arena, Graha Pena Radar Banten, Rabu, 8 Juni 2022.

Tatu meminta setiap OPD agar mensinergikan program dinasnya untuk pemberdayaan masyarakat. " Harus ada slot anggaran setiap dinas untuk mendukung LKBA untuk tahun 2023," pinta Tatu. 

Menurut Tatu, bahwa pemberdayaan masyarakat merupajan kunci sukses pembangunan di desa. "Jadi Pemda sifatnya hanya memfasilitasi program apa yang dilakukan oleh masyarakat," tambah Tatu. 


Plt Kadis DPMD Kabupaten Serang Nanang Supriatna (enam dari kiri) didampingi sejumlah pejabat DPMD foto bersama di depan panggung.--

Dalam kesempatan tersebut, Tatu Ratu Chasanah juga minta kepada seluruh Camat agar memahami wilayahnya. Gunanya agar setiap persoalan yang muncul di desa dapat diselesaikan di Kecamatan. 

"Jangan semua persoalan desa dibebankan kepada DPMD. Gak bakal tertangani dengan baik," tambah Tatu.

Untuk para kepala desa, Tatu meminta agar selalu mengajak warganya kompak dalam membangun dan memajukan desa. "Kuncinya harus ada kesabaran seperti Kepala Desa Sukaraja Pak Minggu Sugia. Beliau mengajukan Kampung Curug Dulang mengikuti LKBA dari awal. Dari Tahun 2019. Tahun 2020. Dan, baru Tahun 2021, Curug Dulang meraih juara umum. Itu kuncinya adalah kesabaran dan kemauan," kata putri kedua tokoh Banten H Chasan Sochib ini.

Diberitakan sebelumnya, Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2022 resmi dilaunching. Sebanyak 326 lingkungan RW bakal bersaing.

Launching LKBA 2022 ini dilakukan oleh Bupati Serang Ratu Tatu Cahasanah di Radar Banten Arena, Rabu 8 Juni 2022.

Turut mendampingi Bupati Serang adalah Wakil Bupati Drs Pandji Tirtayasa, Kepala DPMD Provinsi Banten Enong Suhaeti, Ketua DPRD Kabupaten Serang Bahrul Ulum, Dirut Radar Banten Group Mashudi, AKBP Zaenudin, Wadir Bimas Polda Banten, Plt Kepala DPMD Kabupaten Serang Nanang Supriatna, Wakil dari Korem 064/Maulana Yusuf. 

 

Penulis: M Widodo

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: