Besok Jemaah Haji Asal Kota Tangerang Berangkat ke Arab Saudi

Besok Jemaah Haji Asal Kota Tangerang Berangkat ke Arab Saudi

Kepala Kanwil Kemenag Banten Nanang Fatchurrochman memberikan sambutan saat pelepasan jemaah haji Kota Tangerang di Masjid Raya Al-Azhom, Sabtu 4 Juni 2022. -Dok. Kemenag Banten-


KOTA TANGERANG, INFORADAR.ID - Jemaah calo haji Kota Tangerang, Sabtu pagi, 4 Juni 2022, diberangkatkan dari Masjid Raya Al Azhom, Kota Tangerang ke Asrama Haji Pondok Gede.

Kloter pertama Provinsi Banten itu kemudian akan berangkat ke Arab Saudi pada Minggu 5 Juni 2022 dari Bandara Soekarno-Hatta pukul 06.00 WIB dan tiba di Madinah pukul 11.45 waktu setempat.

Pelepasan jemaah haji Embarkasi Jakarta-Pondok Gede itu dilakukan oleh Kepala Kanwil Kemenag Banten Nanang Fatchurrochman bersama Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah, dan Forkompimda.

"Kita patut bersyukur karena jemaah calon haji dari Provinsi Banten sebanyak 4.291 jamaah dapat berangkat," kata Nanang saat memberikan sambutan yang dikutip dari siaran pers.

Nanag menjelaskan, dari 9.461 jemaah sesuai kuota Provinsi Banten, mereka dibagi ke dalamm 11 kelompok terbang (kloter).

"Hari ini kita melepas keberangkatan kloter pertama Provinsi Banten sebanyak 393 jemaah dan petugas berasal dari Kota Tangerang yaitu kloter 2 JKG," ujarnya.

Nanang memastikan, pihaknya  telah melakukan berbagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu Allah tersebut, mulai dari pemondokan, katering, pelayanan kesehatan, transportasi dan yang lainnya.

"Dari tahun ke tahun selalu ditingkatkan, tentu penyelenggaraan haji tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, di mana kita masih dalam kondisi belum normal terkait Covid-19," ucapnya.

Nanang mengatakan, haji pada hakikatnya merupakan aktivitas suci yang pelaksanaannya diwajibkan oleh Allah kepada seluruh umat muslim yang telah mencapai istitho’ah (kemampuan) untuk melaksanakannya.

"Disebut aktivitas suci karena seluruh rangkaian kegiatannya adalah ibadah. Haji juga disebut sebagai ibadah puncak secara fisik-material maupun spiritual," tuturnya.

Di akhir sambutan, Nanang berpesan kepada jemaah calon haji agar tetap menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah haji, hal itu tidak terlepas dari pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

"Pelihara kesehatan agar mampu menunaikan ibadah dengan sempurna karena pada dasarnya ibadah haji bukan hanya ibadah batin, tetapi juga ibadah lahir yang memerlukan fisik yang sehat dan kuat untuk dapat melaksanakan serangkaiannya," ungkap Nanang. (Aas Arbi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: