INFORADAR.ID - Salah satu contoh stoicism adalah kemampuan untuk mengubah cara pandang terhadap suatu keadaan dan tentunya persepsi kita dipengaruhi oleh pengalaman kita.
Sebagai contoh penerapan stoicism, yaitu menghadapi satu kerjaaan yang menuntut bukanlah beban, tetapi peluang untuk mengembangkan skill diri kita. Stoicism adalah melihat kegagalan atau hambatan sebagai peluang untuk bertumbuh, cara ini membuat kamu tetap tenang, serta meningkatkan motivasi serta kinerja diri kamu. Pada dunia kerja, menghadapi hambatan bukanlah akhir, melainkan momen berharga untuk belajar mengembangkan skill secara profesional. Pola pikir stoicism dapat membantu meningkatkan ketenangan diri dan mendorong diri untuk melakukan pekerjaan terbaik di kantor. Stoicism membantu kita fokus pada solusi dan hal-hal yang bisa kita kendalikan, seperti sikap dan reaksi kita, dibanding terus memikirkan hal-hal yang berada di luar kendali, seperti di marahin atasan / bos. Berikut cara menerapkan dalam dunia kerja diantaranya yaitu ; 1. Jangan mempersulit diri Cara menerapkan fisolofi stoicism adalah tidak mempersulit diri dengan bertingkah kekanak - kanakan, sebagai contoh, kamu menolak ketika dimintai tolong oleh partner kerja kamu karena orang tersebut tidak kamu sukai. Akhirnya, dia melakukan hal yang sama pada kamu sehingga merusak kerja sama antar tim, lalu menimbulkan konflik di tempat kerja. Hal tersebut berbahaya jika terjadi, maka dari itu bersikaplah profesional serta tenang dan berpikir positif untuk menghasilkan pekerjaan yang baik untuk kantor. 2. Terima keadaan sebagaimana adanya Perlu kamu ketahui, bahwa kamu tidak bisa mengontrol semua hal di dunia ini, namun kamu dapat mengontrol reaksi dan pikiranmu terhadap apa yang terjadi. Karena itu, hambatan atau kegagalan adalah sesuatu yang pasti dalam hidup ini, jadi kamu tidak perlu takuti kenyataanya. Menerima kenyataan dan bangkit dari keadaan tersebut adalah salah satu cara untuk menerapkan stoicism di tempat kerja. Kamu pernah dimarahi bosmu karena melakukan kesalahan dalam pekerjaanmu, bukan? Kamu pasti kesal karena tidak terima dimarahi, namun di sisi lain kamu dapat menerima legowo atas kesalahan kamu tersebut dan mengevaluasinya sehingga dapat memberikan yang terbaik pada pekerjaan kamu. 3. Latih Diri untuk Tetap Tenang Stoicism mengajarkan kita untuk tetap tenang dan berpikir jernih meskipun dihadapkan pada ketidakpastian pada dunia kerja. Cobalah untuk menghadapi setiap situasi dengan pikiran yang tenang dan tetap dapat mengelolah emosi dengan baik. 4. Visualisasikan kegagalan Meskipun terdengar ekstrem, tapi cara ini adalah salah satu hal yang penting untuk menerapkan stoicism. Baik dalam hidup atau di tempat kerja. Sebelum pergi bekerja, kamu bisa melakukan meditasi kegagalan, di mana kamu akan menerima kesalahan dalam kerjaaan. Namun, bukan berarti kamu menjadi overthinking dan tidak semangat bekerja setelah melakukan meditasi ini. Justru, kamu menjadi mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai hal yang tidak dapat dikendalikan pada tempat kerja. 5. Jaga Integritas dan Etika Kerja Stoicism mengajarkan pentingnya hidup dengan prinsip ketenangan dan kejujuran di tempat kerja, artinya kamu dapat menerapkan bekerja dengan etika, serta bertanggung jawab. Menjaga hubungan yang baik dengan rekan kerja, jangan terpengaruh oleh sekitar atau tekanan yang mempengaruhi kinerja kamu. 6. Kembangkan Mental kamu BACA JUGA:Hidup Penuh Ketenangan, Berikut 5 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Stoicism mengajarkan pentingnya mental yang sehat saat menghadapi kritik dari atasan kamu, cobalah untuk melihatnya sebagai peluang untuk belajar dan berkembang, ambilah pengalaman kesalahan untuk meningkatkan kemampuan diri. Berikut manfaat menerapkan stoicism di tempat kerja, yaitu : 1. Terbentuknya Mental dalam dunia kerja. 2. Tidak mudah merasa stres dan tidak ragu untuk memperbaiki diri. 3. Membangun positive mindset. 4. Membuatmu menjadi lebih profesional. 5. Membantumu fokus pada tujuan ketika bekerja. 6. Selalu siap menghadapi tekanan dan dapat mengatasi masalah pada pekerjaan. Dengan menerapkan prinsip-prinsip Stoicism, kamu dapat mudah mengelola emosi, mengurangi stres, dan lebih fokus dalam bekerja, sehingga, kamu tidak stres apabila hal buruk tersebut menimpa dirimu. (*) BACA JUGA:Gak Bikin Overthinking, Ini 4 Kuotes Ajaran Hidup Bahagia Ala Filosofi Stoicisme BACA JUGA:Tanpa Media Sosial, Inilah 5 Alasan Hidup Terasa Lebih Tenang dan BahagiaBekerja Ingin Lebih Tenang, Berikut Cara Menerapkan Stoicism di Tempat Kerja
Jumat 07-02-2025,07:52 WIB
Reporter : Ratu Yasinta Bela
Editor : Haidaroh
Kategori :
Terkait
Kamis 06-03-2025,09:16 WIB
Ramadan Bukan Hanya Soal Lapar, Ini 5 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mental
Sabtu 01-03-2025,21:54 WIB
Mengenal Gangguan Kepribadian Histrionic personality disorder (HPD), Berikut Gejalanya
Kamis 27-02-2025,21:51 WIB
Apa Itu Anger Issue ? Berikut penyebab Gangguan Mental Anger Issue
Jumat 21-02-2025,21:06 WIB
Generasi Z: Apakah Konsep Kantor sebagai Keluarga Masih Relevan di Era Modern?
Rabu 19-02-2025,15:26 WIB
Kenalilah, Gejala Anxiety Disorder, Gangguan Kecemasan yang Perlu Diketahui Penyebabnya
Terpopuler
Minggu 09-03-2025,20:48 WIB
Sering Overthinking di Tempat Kerja? Mungkin Ini 1 dari 7 Mental Block yang Menghambatmu!
Minggu 09-03-2025,20:48 WIB
Ini 7 Kebiasaan yang Membuat Kamu Menjadi Lebih Produktif dan Sukses, Manajemen Waktu
Minggu 09-03-2025,15:49 WIB
Sering Bangun dengan Badan Nyeri? Ini 6 Kesalahan yang Kamu Lakukan Tanpa Disadari!
Minggu 09-03-2025,20:48 WIB
Jangan Sampai Salah! Inilah Perkara Makruh atau Batal dalam Puasa
Minggu 09-03-2025,15:48 WIB
6 Rahasia Minuman yang Ampuh untuk Menurunkan Asam Urat Secara Alami, Salah Satunya Air Lemon!
Terkini
Senin 10-03-2025,11:26 WIB
Ini 7 Dampak Penebangan Hutan Terhadap Lingkungan, Jadi Penyebab Banjir dan Longsor di Padarincang
Senin 10-03-2025,11:26 WIB
5 Kunci Memilih Pasangan Hidup: Rahasia Hubungan Harmonis dan Bahagia
Senin 10-03-2025,11:26 WIB
Simak Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Lebaran2025 Dari Bank Indonesia Banten
Senin 10-03-2025,09:30 WIB
Mix & Match Baju Lebaran agar Tampil Stylish dan Sopan
Senin 10-03-2025,09:30 WIB