Khusus Bagi Introvert, Ini 4 Tips Menghadapi Tekanan di Lingkungan Kerja

Jumat 13-12-2024,07:10 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Memiliki ruang pribadi yang nyaman sangat membantu dalam mengurangi tekanan di tempat kerja. 

Jika memungkinkan, ciptakan sudut kecil yang memberi sedikit privasi dan ketenangan. 

BACA JUGA:Bukan Kurang Skill, Gen Z Hanya Perlu 3 Cara Ini Agar Sukses di Era Digital

BACA JUGA:4 Keluhan Generasi Baby Boomer yang Ternyata Disetujui Gen Z, Terlalu Banyak Aplikasi

Kamu bisa menggunakan headphone untuk mengurangi kebisingan atau menambahkan sentuhan personal pada meja kerja, seperti menempatkan tanaman kecil atau foto-foto yang membuatmu merasa lebih nyaman.

Dengan menciptakan zona nyaman ini, kamu akan merasa lebih tenang meskipun berada di tengah keramaian.

2. Pilih Komunikasi Tertulis

Banyak introvert merasa lebih nyaman berkomunikasi melalui tulisan daripada berbicara langsung, khususnya dalam situasi yang mendesak. 

Jika kamu merasa terbebani dengan banyaknya pertemuan atau diskusi langsung, pertimbangkan untuk mengalihkan beberapa komunikasi ke bentuk tertulis, seperti email atau pesan instan. 

Komunikasi tertulis memberi kesempatan untuk berpikir lebih matang sebelum merespons, sekaligus mengurangi tekanan yang biasanya muncul saat berinteraksi langsung.

3. Kenali Batasan Diri dan Tetapkan Prioritas


Ilustrasi-Freepik.com-freepik

Mengenali batasan diri sangat penting untuk menjaga ketenangan jiwa. 

Pelajari kapan kamu mulai merasa lelah secara emosional atau mental, dan perhatikan sinyal-sinyal dari tubuhmu bahwa kamu membutuhkan istirahat. 

Jangan ragu untuk menetapkan prioritas dalam pekerjaan dan mengelola waktu dengan bijak guna menghindari rasa kewalahan. 

Dengan menentukan mana tugas yang paling penting dan mendesak, kamu bisa lebih fokus dan efektif dalam menyelesaikannya, serta mengurangi kecemasan yang muncul akibat tekanan untuk menyelesaikan semua pekerjaan sekaligus. 

Kategori :