Tips Mudah untuk Kamu Membaca dan Mengingat Isi Ratusan Buku

Sabtu 19-10-2024,21:11 WIB
Reporter : Stefhanie Ardianty
Editor : Haidaroh

Sebelum membeli buku yang akan kamu baca kamu harus membaca terlebih dahulu rangkuman atau sinopsis dari buku tersebut. Biasanya sinopsis buku telah berisi keseluruhan dari buku tersebut. Jadi, kamu dapat menyimpulkan apakah isinya menarik atau tidak hanya dari sinopsis buku tersebut. Pastikan kamu memilih buku yang membuatmu tertarik bukan karena fomo dengan buku yang best seller. 

BACA JUGA:5 Kebiasaan Introvert Ini Sering Dianggap Aneh Oleh Orang Lain, Salah Satunya Ini

BACA JUGA:Lengkap, Inilah Skuad Timnas Indonesia U17 di Kualifikasi Piala Asia U17 2025

5. It's Okay Tidak Baca Cover to Cover 

Mungkin sebagian dari kamu merasa jenuh untuk membaca bagian awal buku yang cenderung monoton dan penuh basa-basi. Namun, kamu merasa sangat terpukau dengan isi buku ketika membaca dipertengahan buku tersebut. Tidak apa untuk kamu mulai membaca buku tersebut tidak dari halaman depannya, selama buku tersebut dapat kamu pahami dengan baik isi per kata hal tersebut tidak menjadi masalah besar untuk kamu. 

6. Cari Buku Sesuai Knowledge yang Kamu Butuhkan 

Penting untuk kamu mencari buku sesuai dengan pengetahuan dan skill yang ingin kamu dalami agar kamu mendapatkan lebih banyak manfaat dari membaca buku tersebut. Namun, bukan berarti kamu tidak boleh membaca buku sekedar mengisi waktu luang dan menjadi ajang untukmu menghibur diri, kamu tetap dapat membaca buku novel ataupun komik kesukaanmu. 

7. Terbiasa Membaca Terlebih Dahulu

Banyak dari kita membaca untuk sekedar mengejar target ratusan buku per bulan, hal ini sebenarnya bagus. Namun, jika kamu memaksakan terlalu keras bukan manfaat yang kamu dapatkan, tetapi malah mendatangkan kejenuhan untuk kamu. Jadi, penting untukmu menanamkan kebiasaan membaca terlebih dahulu dan tidak perlu mengejar jumlah target yang ingin dicapai agar kamu fokus dalam membaca. 

Itulah tips yang dapat kamu lakukan untuk membaca ratusan buku dan mengingat isi dari buku tersebut. Semoga bermanfaat.

Kategori :