INFORADAR.ID - Banyak pelaku usaha, terutama yang bergerak di industri rumah tangga misalnya toko oleh-oleh, kerap menghadapi kebingungan dalam memasarkan produk mereka.
Hal ini sering berujung pada penjualan toko oleh-oleh yang kurang optimal dan berdampak pada omzet yang stagnan.
Padahal, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pemasaran, salah satunya dengan menitipkan produk di toko oleh-oleh.
Toko oleh-oleh sering menjadi tujuan wisatawan yang mencari buah tangan khas daerah.
Sebagai contoh, di Bandung terdapat banyak pusat oleh-oleh yang menawarkan produk UMKM khas Kota Kembang.
Hal yang sama terjadi di Malang, di mana toko-toko oleh-oleh ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat musim liburan.
Dengan potensi pasar yang besar, menitipkan produk di toko oleh-oleh bisa menjadi strategi yang efektif. Lalu, bagaimana cara memasarkan produk di toko oleh-oleh?
Melansir laman UKM Indonesia pada Rabu, 16 Oktober 2024, simak cara memasarkan produk dari toko oleh-oleh ini.
BACA JUGA:8 Ide Usaha dengan Modal Kecil, Budget 10 Juta Bisa?
BACA JUGA:5 Langkah Penting dalam Usaha Kue Rumahan Agar Banyak Keuntungan, Catat Bund!
Cara Memasarkan Produk dari Toko Oleh-oleh
Oleh-oleh khas Malang yang kekinian--instagram @piacapmangkok
1. Survei Pusat Oleh-Oleh
Sebelum menitipkan produk, lakukan survei untuk memahami kebutuhan pasar, tren yang sedang populer, dan strategi yang digunakan oleh pesaing.
2. Membangun Jaringan Bisnis