7 Nama Makanan Tradisional Indonesia yang Unik bin Nyeleneh, Nomor 5 Paling Ekstrim

Selasa 15-10-2024,05:53 WIB
Reporter : Indra Sena
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Sebagai negara yang begitu kaya akan budaya, Indonesia menyimpan kekayaan kuliner, makanan tradisional yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Jumlah makanan tradisional Indonesia tak terhitung, dan yang menarik adalah masing-masing makanan khas ini memiliki nama yang berbeda-beda, biasanya berdasarkan daerah asalnya.

Namun, ada satu hal yang selalu membuat penasaran—beberapa makanan tradisional khas Nusantara dikenal memiliki nama yang sangat aneh, bahkan cenderung terkesan "jorok." 

Penamaan yang unik dan terkadang kocak ini sering membuat orang Indonesia sendiri tertawa geli saat mendengarnya.

Di balik nama-nama yang absurd tersebut, ternyata ada cerita dan latar belakang yang menjelaskan mengapa kuliner itu dinamai demikian oleh masyarakat setempat.

Berikut adalah beberapa contoh makanan tradisional dari berbagai penjuru Indonesia yang namanya dijamin bikin kamu terperangah saat mendengarnya!

BACA JUGA:5 Makanan Paling Populer di Dunia, Ada Rendang Gak?

BACA JUGA:4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari, Ternyata Bisa Ganggu Tidur Kamu

1. Es Jembut Kecabut

Meskipun terdengar agak kasar, es ini sebenarnya tak lain adalah es dawet hitam dengan tambahan tape ketan seperti pada umumnya. Tetapi di Purworejo, Jawa Tengah, es ini dikenal dengan nama es jembut kecabut. 

Nama tersebut muncul karena penjualnya berada di sebelah timur Jembatan Butuh, Kecamatan Butuh. Jadi, orang-orang menyebutnya sebagai es Jembut (Jembatan Butuh) Kecabut (Kecamatan Butuh).

2. Bajingan

Di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, ada makanan khas yang namanya terdengar seperti umpatan. Namun, bajingan ini sebenarnya adalah camilan singkong yang dimasak dalam air nira hingga empuk dan manis.

 
        Lihat postingan ini di Instagram  
 
                  Sebuah kiriman dibagikan oleh Yuk! Update (@yuk_update)

Namanya memang unik, tapi rasanya yang legit dan manis membuatnya sangat digemari.

Tags : #unik #makanan unik #makanan tradisional #kuliner #jorok #indonesia
Kategori :

Terkait

Terpopuler

Terkini