7 Tips Ampuh Agar Persalinan Cepat, Santai dan Siap Menyambut Si Kecil

Rabu 09-10-2024,14:00 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Menjelang akhir masa kehamilan, banyak ibu yang merasa tidak sabar menunggu datangnya waktu persalinan.

Perasaan bahagia, cemas, dan keinginan kuat untuk segera bertemu dengan si kecil sering kali bercampur aduk. 

Bagi beberapa ibu, proses menunggu ini bisa menjadi cukup melelahkan, terutama jika kehamilan telah mencapai usia 40 minggu atau lebih.

Namun, ada beberapa cara alami yang dapat membantu mempercepat proses kelahiran tanpa mengabaikan keamanan dan kenyamanan ibu.

Mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk persalinan sangat penting, karena tubuh yang rileks dan pikiran yang tenang dapat mempercepat datangnya kontraksi.

Berbagai metode sederhana seperti bergerak lebih aktif, tertawa, atau meditasi dapat membantu tubuh merespon tanda-tanda persalinan dengan lebih baik. 

BACA JUGA:Tips Jalan Kaki yang Aman Saat hamil, Tergantung Trimester Kehamilan Kamu

BACA JUGA:8 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Bisa Dicoba Secara Rutin


Potret bayi yang baru saja dilahirkan. -Pixabay/@Rainer_Maiores-

Selain itu, ada beberapa teknik lain yang juga dipercaya bisa membantu memicu persalinan secara alami, dan yang paling penting, semuanya bisa dilakukan di rumah dengan mudah.

Mengutip dari akun Instagram @einhomestuff berikut beberapa tips yang bisa membantu Anda mempercepat proses melahirkan secara alami.

Dari aktivitas fisik yang ringan hingga cara-cara relaksasi mental, langkah-langkah ini dirancang untuk membantu Anda mempersiapkan tubuh dan pikiran dengan lebih baik menghadapi momen besar tersebut.

1. Banyak Gerak

Aktivitas fisik ringan seperti berjalan kaki atau melakukan gerakan prenatal yoga bisa membantu memicu kontraksi dan mempercepat proses persalinan. 

Banyak bergerak juga dapat membantu posisi bayi turun lebih rendah ke panggul, yang menjadi sinyal bagi tubuh bahwa waktunya untuk melahirkan sudah dekat. Namun, pastikan gerakan yang dilakukan tetap aman dan nyaman bagi ibu hamil.

Kategori :