4 Kesalahan Sepele yang Bikin Motor Cepat Rusak, Nomor 3 Paling Sering Terjadi

Rabu 09-10-2024,11:30 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Motor adalah kendaraan yang sering kita andalkan sehari-hari, baik untuk berangkat kerja, kuliah, atau sekadar jalan-jalan.

Namun, tanpa disadari, ada beberapa kebiasaan yang tampaknya sepele tapi ternyata bisa merusak motor secara perlahan.

Kebiasaan ini sering dilakukan tanpa sadar, dan efeknya baru terasa ketika motor mulai bermasalah atau performanya menurun.

Banyak dari kita mungkin berpikir bahwa selama motor masih bisa jalan, tidak ada masalah yang perlu diperhatikan.

Padahal, perawatan yang tepat dan menghindari kesalahan-kesalahan kecil bisa memperpanjang umur motor dan menjaga performanya tetap optimal. Dari tekanan ban yang kurang sampai pemilihan spare part palsu, semua bisa berdampak pada kerusakan motor.

BACA JUGA:Jennie BLACKPINK Siap Comeback Solo dengan Singel 'Mantra' pada 11 Oktober

BACA JUGA:7 Cara Membangun Kepercayaan dalam Tim, Ikuti Langkah Ini Agar Bisa Sukses Bersama


Potret motor yang tidak terawat-@si.semok_-

Dalam artikel ini, kita akan membahas empat kesalahan yang sering dilakukan oleh pemilik motor yang dikutip dari akun Instagram @faitoindonesia.

Kesalahan-kesalahan ini terkesan sederhana, tapi efeknya sangat merugikan. Yuk, simak selengkapnya supaya kamu bisa menghindarinya dan menjaga motor tetap prima!

1. Ban Kurang Angin

Kelihatannya sepele, tapi ban yang kurang angin bisa merusak bagian dalam ban dan menyebabkan pelek bengkok, apalagi kalau kamu sering lewat jalan rusak atau berlubang.

Gak cuma itu, motor kamu juga bakal jadi lebih boros bensin karena ban yang kurang angin bikin beban motor makin berat. Jadi, cek tekanan angin secara rutin biar aman dan hemat.

2. Bensin Oktan Rendah

Penggunaan bensin dengan oktan rendah, kayak Premium atau Pertalite, padahal seharusnya motor kamu butuh oktan yang lebih tinggi (minimal oktan 92), bikin ruang bakar cepat kotor. Alhasil, performa motor jadi gak maksimal.

Kategori :