5 Motivasi Kerja untuk Generasi Z

Senin 07-10-2024,18:22 WIB
Reporter : Nurbaeti
Editor : Haidaroh

Teman-teman pernah dengarkan dengan sebutan gen Z. Nah, disini mimin akan kasih tau teman-teman apa itu gen Z.

Generasi Z Adalah seseorang yang kelahiran pertengahan tahun 1990an – 2012. (Dian Ratna Sawitri, Perkembangan Karier Generasi Z: Tantangan dan Strategi dalam

Mewujudkan SDM Indonesia yang Unggul). Pada generasi ini teknologi semakin berkembang pesat dan sudah mulai menjadi kebutuhan sehari-hari. Kehidupan saat ini tidak terlepas dari teknologi. Teknologi informasi memiliki peran penting untuk semua generasi dikarenakan mengikuti perkembangan zaman.

Untuk mencari kebutuhan informasi saat ini tersebar luas melalui jaringan internet yang dapat dicari dengan mudah hanya melalui website atau media sosial. Kemudahan ini kita manfaatkan untuk mencari informasi yang relevan, akurat dan terpercaya.

BACA JUGA:Tes SKD CPNS 2024 Tidak Ada Soal Hafalan, Ini Materi yang Perlu Dipersiapkan

BACA JUGA:Cara Mengunduh dan Mengamankan Arsip Instagram Story, Amankan Foto dan Video Berhargamu

Generasi z ini melek pada teknologi informasi yang semakin cepat perubahannya membuat gen Z memiliki penasaran yang cukup tinggi untuk mengetahuinya.

Dengan mendapatkan informasi  dari media sosial, terutama untuk para pencari kerja, informasi lowongan pekerjaan sangat ditunggu-tunggu kehadirannya. Tetapi tidak sedikit lowongan pekerjaan yang harus sudah memiliki pengalaman.

Semakin hari para pencari kerja semakin meningkat, dikarenakan ada yang mengundurkan diri dari pekerjaan atau habis kontrak, ditambah lagi banyak lulusan baru. Hal ini, membuat para pencari kerja semakin berlomba – lomba ingin mendapatkan pekerjaan dengan saingan yang sudah mempunyai pengalaman.

BACA JUGA:Exsaid, Bahasa Gaul Terbaru yang Viral di Media Sosial

BACA JUGA:Sinopsis Film Kuasa Gelap dan Daftar Pemainnya, Film Horor Pertama di Indonesia tentang Kisah Eksorsisme

Tidak sedikit yang sudah memiliki pengalaman kerja sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang kita cari, banyak persaingan antara generasi milenial dan generasi z, ditambah lagi isu yang  sekarang cari kerja susah tanpa orang dalam  (ordal).

Batas usia juga membuat pencari kerja semakin kesulitan, saya sering melihat informasi lowongan pekerjaan maksimal usia 25 tahun, dengan dibatasi usia, usia yang sudah di atas 25th begitu sulit untuk lolos administrasi, bagaimana saya akan menjelaskan potensi saya jika administrasi saja tidak lolos.

Tetapi perlu kita ketahui ketika kita sudah diterima dalam pekerjaan, apa yang kita inginkan kadang tidak sesuai dengan  ekspetasi kita, seperti jobdesk, budaya perusahaan, peluang karir, beban kerja, gaji, rekan kerja, jam kerja dan lain sebagainya.

Pada Generasi ini dikenal sebagai anak yang lemah, dan gampang untuk mengundurkan diri saat bekerja. Tetapi yang perlu kita ketahui sifat atau perilaku seseorang itu tidak hanya ada di generasi z saja, mungkin digenerasi lain ada tergantung diri sendiri, jangan disama ratakan untuk generasi z.

Kategori :