8 Fakta Tersembunyi yang Tidak Manusia Ketahui Tentang Tubuhnya Sendiri, Sangat Menakjubkan

Sabtu 05-10-2024,10:15 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Yang mungkin mengejutkan kamu adalah bahwa cairan tidak hanya terdapat di kulit, otot, dan organ tubuh, tetapi juga kerangka tubuh. Bahkan, air membentuk hampir sepertiga dari massa tulang.

3. Manusia bagian dari bakteri

BACA JUGA:5 Makanan yang Akan Membantu Kamu Panjang Umur dan Sehat, Makanan Ini Mudah Ditemui

BACA JUGA:5 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan Jantung, Salah Satunya Ini

Jika kamu mengaku takut bakteri, sebaiknya pikirkan lagi. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa seorang pria dengan berat 154 pon memiliki sekitar 38 triliun bakteri, yang kira-kira sama dengan jumlah sel manusia. Terlebih lagi, bakteri tersebut beratnya hampir setengah pon secara keseluruhan.

4. Bersin manusia sangat kuat


Ilustrasi-Freepik.com-Freepik

Ada statistik lama yang menyebutkan bahwa bersin dapat mencapai kecepatan 100 mil per jam, tetapi penelitian terbaru menemukan bahwa kecepatannya jauh lebih rendah. Namun, kecepatan itu cukup mengesankan.

5. Manusia memiliki lebih banyak rambut dari yang kamu kira

Manusia dilahirkan dengan lima juta folikel rambut, 100.000 di antaranya terletak di kulit kepala, catat American Academy of Dermatology.

Meskipun banyak wanita mungkin menginginkan rambut panjang, rambut pria tumbuh lebih cepat daripada wanita.

6. Tubuh manusia cukup mirip

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari empat unsur yaitu oksigen, karbon, hidrogen, dan nitrogen, yang mencakup 96,2 persen dari tubuh kamu. 

Kalsium dan fosfor adalah pemain besar lainnya, sungguh menakjubkan bagaimana unsur-unsur tersebut bersatu untuk membantu menciptakan tubuh yang melakukan hal-hal yang benar-benar mengagumkan setiap hari, mulai dari melawan kanker hingga membentuk 20.000 pikiran.

7. Setiap nafas itu penting

Kamu menghirup dan mengembuskan napas tanpa perlu berpikir sekitar 17.280 hingga 23.040 napas per hari. Meskipun ini kebiasaan otomatis, kebiasaan ini dapat memberikan manfaat besar.  

Kategori :