6 Manfaat Berkeringat Bagi Kesehatan Tubuh, Ternyata Ini Salah Satunya

Sabtu 05-10-2024,10:15 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Kelenjar apokrin, yang ditemukan di area seperti ketiak dan selangkangan, bertanggung jawab atas bau badan. 

BACA JUGA:Negara dengan Rata-rata Gaji Tertinggi dan Terendah di Asia Tenggara Tahun 2024, Indonesia Masuk Kategori Ini

BACA JUGA:5 Manfaat Semangka Bagi Kesehatan Jantung, Salah Satunya Ini

Jenis keringat ini lebih tebal dan mengandung lemak, yang diproduksi terutama selama masa stres berat.

Jadi, yuk cari tahu manfaat dari berkeringat bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa manfaat berkeringat bagi kesehatan:

1. Berkeringat mengatur suhu tubuh


Ilustrasi-Freepik.com-Freepik

Salah satu fungsi utama berkeringat adalah mengendalikan suhu tubuh, berkeringat membantu menjaga suhu tubuh kamu tetap aman. Kepanasan memiliki banyak risiko, dan berkeringat membantu mendinginkan tubuh.

Kepanasan tidak hanya membuat aktivitas fisik terasa lebih berat, tetapi juga meningkatkan denyut jantung dan mengurangi aliran darah ke otot dan otak. 

Risiko yang terkait dengan kepanasan meliputi kelelahan akibat panas, sengatan panas, dan dehidrasi yang semuanya dapat dicegah dengan berkeringat.

2. Berkeringat membantu detoksifikasi tubuh

Efektivitas detoksifikasi melalui keringat masih menjadi topik perdebatan, meskipun keringat membantu mengeluarkan sejumlah kecil racun seperti logam berat. Hati dan ginjal kamu sebagian besar bertanggung jawab untuk detoksifikasi.

3. Berkeringat mengurangi risiko penyakit kronis

Sebuah tinjauan yang dilakukan oleh peneliti Finlandia Jari Laukkanen, MD, PhD, Tanjaniina Laukkanen, MSc, dan Setor Kunutsor, MD, PhD, yang dipublikasikan dalam Mayo Clinic Proceedings, mengungkapkan manfaat kesehatan yang signifikan dari penggunaan sauna secara teratur.

Penggunaan sauna semakin diakui potensinya untuk mengurangi risiko berbagai masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, stroke, dan gangguan neurokognitif, serta penyakit paru-paru dan bahkan flu biasa.

Selain itu, sauna dapat membantu mengelola kondisi kulit tertentu dan meredakan nyeri akibat penyakit rematik dan sakit kepala.

Kategori :