10 Langkah Penting yang Harus Dilakukan Saat Tersesat di Hutan Belantara

Selasa 24-09-2024,14:29 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

4. Cari Tempat Aman

Temukan tempat yang aman untuk beristirahat. Hindari berkelana tanpa arah yang jelas. Tempat aman bisa berupa area terbuka atau dekat sumber air.

5. Sinyal untuk Bantuan

Jika kamu memiliki alat komunikasi, segera hubungi seseorang. Jika tidak, buat sinyal darurat dengan cara yang terlihat jelas, seperti membakar kayu untuk asap atau membuat tanda di tanah.

BACA JUGA:Tips Memilih Olahraga yang Sesuai dengan Kepribadian

BACA JUGA:Tahan Seharian, 7 Tips Make Up Tahan Lama Agar Penampilan Sempurna Sepanjang Hari


Potret orang yang sedang tersesat di hutan.-Pixabay/@jwvein-

1 . Manfaatkan Sumber Daya Alam

Belajarlah mengenali tanaman dan sumber air yang aman untuk dikonsumsi. Air sangat penting untuk kelangsungan hidup, jadi cari sumber air bersih. Pastikan untuk menghindari tanaman beracun.

7. Jaga Energi

Hemat tenaga dan energi kamu. Jangan bergerak terlalu jauh tanpa tujuan yang jelas. Sebaiknya, beristirahat dan menjaga stamina agar tetap bisa bertahan lebih lama.

8. Kenali Waktu

Perhatikan waktu. Jika malam mulai tiba, lebih baik menemukan tempat untuk beristirahat. Gelap dapat membuat navigasi menjadi lebih sulit dan berbahaya.

9. Berpikir Positif

Jaga semangat dan pikirkan positif. Memiliki sikap optimis dapat membantumu tetap fokus dan membuat keputusan yang lebih baik dalam situasi sulit.

10. Belajar dari Pengalaman

Setelah kembali dengan selamat, ambil pelajaran dari pengalaman tersebut. Pertimbangkan untuk mengikuti pelatihan bertahan hidup atau bergabung dengan komunitas yang mengajarkan keterampilan navigasi.

Kategori :