5 Gejala Aneh yang Tidak Banyak Orang Tahu Tentang Stres, Ternyata Ini

Sabtu 21-09-2024,20:03 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Salah satu gejala depresi adalah tidur berlebihan, jadi jika kelelahan kamu terasa lebih seperti bentuk tekanan mental yang berkelanjutan, maka mencari terapi mungkin dapat membantu. Jika tidak, nikmati manfaat istirahat sesekali.

2. Kamu adalah bola emosi


Ilustrasi-Freepik.com-katemangostar

BACA JUGA:5 Sikap Pick Me yang Membuat Kamu Dijauhkan Orang Lain, Kamu Salah Satunya? Temukan Jawabannya di Sini

BACA JUGA:Alasan Kenapa Tuyul dan Babi Ngepet Tidak Ambil Uang di Bank, Sampe Tarik Perhatian Peneliti Asing?

Ketika kamu mengalami banyak emosi sekaligus kemarahan, frustrasi, kesepian, ketakutan ini bisa terasa seperti serangan gencar ke sistem kamu. 

Mungkin dada kamu terasa berat, pikiran kamu berpacu, dan kamu tidak dapat fokus pada saat itu. Kamu mungkin diliputi kekhawatiran tentang masa depan atau terjebak dalam rasa sakit dari masa lalu.

3. Kamu membeku

Dalam beberapa situasi yang menegangkan, rasa takut dapat melumpuhkan kita, yang dikenal sebagai respons membeku. Hal ini terwujud sebagai rasa kaku, pernapasan terbatas, dan perasaan tertahan di beberapa bagian tubuh. 

Dalam kasus ancaman serius seperti serangan fisik atau selama bencana alam, tubuh kamu mungkin mengalami apa yang dikenal sebagai disosiasi, upaya untuk memblokir realitas risiko yang mengancam jiwa.

4. Kamu merasa seperti akan pingsan

Jika episode stres disertai dengan pusing yang mengaburkan penglihatan atau menyebabkan mual, ada kemungkinan besar respons pingsan sedang terjadi. 

Dr. Schwartz mengatakan bahwa dalam kasus gangguan stres pascatrauma kompleks (PTSD), akibat stresor jangka panjang yang sangat intens, banyak orang yang mengalami gejala seperti pingsan melaporkan pengalaman yang membuat mereka perlu mematikan diri agar dapat bertahan hidup.

5. Tubuhmu terasa sakit


Ilustrasi-Freepik.com-8photo

Pernahkah kamu bangun dengan perasaan pegal seperti kamu baru saja lari maraton sehari sebelumnya, tetapi, um, kamu tidak benar-benar sempat ke pusat kebugaran? Tentu wajar untuk merasa perlu berjalan-jalan setelah duduk terlalu lama atau perlu melakukan peregangan yang baik dari ketegangan dan kekakuan sehari-hari, namun dalam banyak kasus, nyeri tubuh adalah manifestasi fisik dari stres.

Kategori :