Kebiasaan Makan Mie Instan Bisa Menyebabkan Penyakit Usus Buntu? Ternyata Ini Faktanya

Selasa 17-09-2024,19:47 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID- Pernah dengar, kalau makan mie instan setiap hari bisa menyebabkan penyakit usus buntu? Penasaran apa jawabannya? Yuk simak lengkapnya di sini.

Mie instan merupakan salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi karena rasanya yang lezat, variasinya yang banyak, cara pembuatannya yang mudah, dan harganya yang terjangkau.

Kebiasaan orang yang makan mie instan ini biasanya dilakukan oleh anak-anak muda, khususnya anak-anak kost.

Anak kost biasanya selalu mengstok makanan-makanan siap saji, makanan ringan, atau mie instan.

BACA JUGA:Kenapa Gen Z Lebih Memilih Karier Fleksibel dan Freelance? Ternyata Ini Alasannya

BACA JUGA:5 Alasan Kenapa Wanita Membutuhkan Waktu untuk Dirinya Sendiri, Salah Satunya untuk Menjaga Kesehatan Mental

Makanan ini biasanya untuk mengganjal perut atau ngemil sebelum makan makanan berat, namun yang biasanya stok mie banyak ini juga biasanya karena malas masak atau bisa jadi untuk menghemat apalagi jika sudah akhir bulan.

Meski mie ini tinggi kalori dan rendah nutrisi, makanan olahan sulit dihindari. Namun, mie instan sepertinya juga dianggap sebagai makanan yang buruk jika sering dikonsumsi.


Ilustrasi-Freepik.com-

Faktanya, ada rumor yang menyebutkan mie instan bisa menyebabkan radang usus dan usus buntu. Apakah itu benar? Usus buntu adalah kantung berbentuk jari yang menempel pada usus besar di sisi kanan bawah lambung.

Meskipun fungsi usus buntu belum sepenuhnya dipahami, beberapa ilmuwan percaya bahwa usus buntu menjaga kesehatan bakteri usus dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:4 Dampak Negatif Paparan Blue Light pada Kulit, Salah Satunya Penuaan

BACA JUGA:5 Tipe Teman Sekamar yang Seru untuk Dijadikan Teman Kost, Mahasiswa Baru Harus Tahu Nih!

Dikutip dari Mayo Clinic, radang usus buntu terjadi ketika usus buntu tersumbat sehingga menyebabkan infeksi bakteri yang akhirnya meradang, bengkak, dan berisi nanah.


Ilustrasi-Freepik.com-

Kategori :