4 Ketakutan Anak yang Harus Dipahami Orang Tua, Para Orang Tua Harus Tahu Nih

Rabu 28-08-2024,15:46 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Ia juga merasa tidak nyaman berada di lingkungan sosial yang ramai. Untuk mengatasinya, berikan kesempatan pada anak kamu untuk bermain bersama temannya dan latih ia dalam menangani situasi sosial.

Puji dan dukung anak kamu setiap kali mereka mengatasi rasa takutnya. Memahami ketakutan anak merupakan langkah penting dalam membantu mereka tumbuh menjadi orang yang percaya diri.

BACA JUGA:5 Sikap untuk Menghadapi Orang yang Tidak Menghargai Kamu, No 1 Penting Banget

BACA JUGA:7 Risiko Hubungan Tanpa Status, Harus Siap-siap dengan Kondisi ini

Ketakutan adalah bagian normal dari perkembangan anak, dan dengan pendekatan yang tepat, orang tua dapat membantu anak mengatasi ketakutan tersebut.

2. Takut berpisah dengan orang tua 


Ilustrasi-Freepik.com-

Ketakutan ini umum terjadi pada anak kecil, terutama jika mereka harus bersekolah atau tetap berada di tempat penitipan anak. Ajari anak kamu kemandirian secara bertahap dengan memberinya waktu bermain sendiri.

3. Takut pada orang asing 


Ilustrasi-Freepik.com-

Takut pada orang asing adalah ketakutan alami yang membantu anak melindungi dirinya dari bahaya.

Terlebih lagi, anak ini belum pernah bertemu banyak orang asing sebelumnya. Rasa takut pada orang asing adalah hal yang wajar.

Ini juga baik untuk anak-anak, memungkinkan mereka untuk lebih perhatian dan penuh perhatian di sekitar orang-orang yang belum mereka kenal dengan baik sebelumnya.

Untuk mengatasinya, ajari anak untuk mengenali perbedaan orang asing yang aman dan tidak aman.

4. Takut pada binatang tertentu 

Banyak anak yang takut pada binatang, seperti anjing, kucing, dan serangga. Ketakutan ini akan semakin parah jika anak pernah mengalami momen tidak menyenangkan dengan salah satu hewan tersebut.

Kategori :