5 Obat Alami yang Terbukti Ampuh untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan dan Mabuk Laut

Selasa 13-08-2024,22:17 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Haidaroh

Pada kebanyakan orang, mabuk perjalanan disebabkan oleh konflik antara masukan gerakan yang berasal dari berbagai indra.

Misalnya, telinga bagian dalam merasakan gerakan berdasarkan perubahan tekanan dan distribusi cairan di telinga.

Jika kamu melihat buku dan membaca saat berada di dalam mobil yang sedang melaju, telinga bagian dalam merasakan gerakan, tetapi tidak ada masukan visual untuk memverifikasi gerakan ini, karena buku tersebut tampak diam. 

BACA JUGA:Penderita Insomnia Merapat! Ini 7 Tips Tidur untuk Penderita Insomnia, Kamu Bisa Lakukan Ini

BACA JUGA:4 Rekomendasi Pembersih Wajah Alami yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah, Ternyata Ada Ini

Jadi, dua sinyal yang saling bertentangan diterima, pada beberapa orang, hal ini menyebabkan gejala mabuk perjalanan.

3. Jangan pernah bepergian dengan perut kosong

Pastikan kamu tidak bepergian dengan kapal, pesawat, atau mobil dalam keadaan perut kosong untuk mengurangi gejala mual. ​

Sediakan camilan atau makanan untuk mengisi perut kosong kamu, karena perut kosong hanya akan memperparah mabuk perjalanan, namun jangan makan berlebihan juga.

Mual dan muntah gejala yang berhubungan dengan mabuk perjalanan dapat diperparah dengan perut yang penuh, jadi usahakan perut kamu tidak kosong dan tidak berlebihan juga.

Mengunyah permen karet tampaknya meredakan mual, mungkin melalui efeknya pada telinga bagian dalam. Dan mengisap es batu mengurangi mual karena berbagai penyebab.

4. Cobalah aromaterapi


Aromaterapi menjadi salah satu obat alami juga untuk mengatas mabuk perjalanan dan mabuk laut-Freepik.com-Freepik

Beberapa penderita mabuk perjalanan ini mengaku menemukan kelegaan dengan menggunakan minyak esensial sebagai obat mabuk perjalanan.

Meskipun hanya ada sedikit data klinis yang mendukung pengobatan mabuk perjalanan ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit mencatat, bahwa merangsang indra lain dapat mengalihkan perhatian kamu dari gerakan. 

Aromaterapi dengan minyak esensial seperti jahe, pepermin, atau lavender dapat meredakan mual akibat mabuk perjalanan di dalam mobil, laut, atau udara.

Kategori :