Penting Gak Sih Ikut Organisasi di Kampus? Ini Kata Mahasiswa

Selasa 06-08-2024,08:59 WIB
Reporter : Lala Nabilah Chandra
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Banyak mahasiswa yang masih ragu-ragu tentang pentingnya mengikuti organisasi di kampus. Namun, bergabung dengan organisasi dapat membawa banyak manfaat bagi mahasiswa.

Dalam organisasi, mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan sosial, seperti berkomunikasi dan bernegosiasi dengan orang lain. Selain itu, organisasi juga dapat membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan kepemimpinan, seperti mengatur waktu, membuat rencana kerja, dan mengarahkan tim.

Bergabung dengan organisasi juga dapat membantu mahasiswa menemukan passion atau minat baru. Terdapat banyak organisasi yang dapat diikuti, baik itu organisasi yang berhubungan dengan hobi atau minat tertentu, maupun organisasi yang berhubungan dengan bidang studi yang diminati.Selain itu, organisasi juga dapat membantu mahasiswa membangun jaringan atau networking yang kuat.

Dalam organisasi, mahasiswa tentunya akan berkomunikasi dengan banyaknya orang-orang dari berbagai bidang dan profesi yang berbeda. Mahasiswa dapat memanfaatan kesempatan ini untuk memperluas jaringan atau relasi atau networking, dan bahkan dapat membuka kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan di masa depan.

Namun, perlu diingat bahwa nilai IPK juga harus diperhatikan. Sebaiknya mahasiswa tidak hanya fokus terhadap nilai IPK atau pengalaman saja, tetapi juga perlu fokus pada pengembangan keterampilan dan kemampuan yang dapat membantu mereka menjadi kandidat pekerja yang menarik.

BACA JUGA:Gak Masuk Jurusan Impian Apakah Berpengaruh Terhadap Semangat Buat Gapai Cita-cita?

Dalam hal ini tentunya bagi mahasiswa yang saat ini sudah mengikuti organisasi dan yang tidak mengikuti organisasi mereka mempunyai alasan yang berbeda-beda tentunya.  Yuk tanya membahas penting atau engga penting sih ikut organisasi di kampus?

"Penting, karena ikut organisasi di kampus bisa membantu saya dalam mengembangkan keterampilan sosial, jaringan, dan pengalaman kepemimpinan yang berharga, apalagi gue yang emang suka ada di lapangan yang pastinya ketemu sama banyak orang". -  Muhammad Al Fazri Maulana Mahasiswa UIN SMH Banten

"Menurut saya engga terlalu penting karena saya sendiri Belumm mengikuti organisasi di kampus karena karena dalam segi pandangan saya, sama masih beradaptasi terhadap lingkungan kampus seperti tugas tugas dari dosen juga". - Nawal Septiana Mardi Mahasiswa UIN SMH Banten.

BACA JUGA:Aktif Kegiatan di Kampus Penting Gak Sih? Kupu-kupu Vs Kura-kura

"Gak terlalu penting, karena saya liat dari mahasiswa lain yang ikut organisasi menurut saya buang buang waktu dan juga untuk perkuliahan lumayan menganggu mungkin ada yang rapat sampe malem mungkin menurut saya sangat menggangu jam tidur sehingga pagi nya pun mahasiswa jadi ngantuk dan tidak bisa fokus dalam pembelajaran". - Muhammad Dzakwan Andriana Mahasiswa UIN SMH Banten

"Penting sih, soalnya ikut organisasi di kampus tuh kesempatan buat kita buat ngembangin skill sama memperluas relasi". Zaudan Rasyid Mahasiswa UIN SMH Banten. (*)

Kategori :