Sering Mengalami Productivity Guilt? Ini Cara Mengatasinya

Jumat 02-08-2024,16:15 WIB
Reporter : Nurbaeti
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Apakah kamu salah satu orang yang sering mengalami productivity guilt dan kesulitan dalam mengatasinya?

Productivity guilt merupakan perasaan bersalah yang seringkali muncul saat seseorang merasa jika dirinya tidak produktif.

Bukan hanya tidak produktif saja, perasaan ini juga seringkali muncul saat seseorang tidak bisa mencapai sesuatu yang ditargetkan dan merasa jika dirinya gagal.

Pernah nggak sih kalian tidak melakukan tindakan apapun dengan tujuan yang kalian capai? Nah biasanya muncul rasa bersalah pada diri kalian yang kemudian disebut productivity guilt.

Productivity guilt sering dirasakan dan terjadi berulang kali. Lalu bagaimana cara mengatasinya agar productivity guilt tidak terus menerus menghantui diri kita?

BACA JUGA:Gen Z Wajib Tahu, Ini 7 Level of Financial Freedom

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah fokus pada tujuanmu. Jika kamu fokus pada tujuan kamu, itu akan menciptakan rasa semangat yang bisa membuat kamu terus produktif.

Namun jangan terlalu memaksakan diri kamu untuk memenuhi ekspektasi yang kamu buat sendiri. Hal ini bisa membuat diri kamu tertekan dan menghilangkan rasa semangat dalam diri. Bahkan kamu bisa saja kecewa hingga menyalahkan diri kamu karena Tindakan kamu tidak memenuhi ekspektasi yang kamu tentukan sendiri.  

Jadi dibandingkan berharap pada ekspektasi yang kamu ciptakan, lebih baik kamu fokus pada intensi.

Jika kita serius pada apa yang ingin dicapai namun masih belum sesuai, kitab isa melakukannya lagi. Bukan masalah besar jika sesuatu yang kita inginkan tidak sesuai dengan ekspektasi kita. Kamu bisa melakukannya lagi selagi kamu memiliki fokus pada tujuan yang ingin kamu capai.

Jika kamu sudah tidak lagi memikirkan ekspektasi kamu dalam melakukan tindakan, untuk mengatasi productivity guilt kamu bisa fokus pada keunggulan yang kamu miliki buka fokus pada kesempurnaan.

BACA JUGA:Langkah Rahasia Mahasiswa: 3 Website Ini Akan Meningkatkan Produktivitasmu dalam Mengerjakan Tugas

Terkadang kita selalu ingin melakukan sesuatu dengan sempurna. Bahkan jika kita tidak melakukannya dengan sempurna, muncul rasa bersalah atau productivity guilt. Untuk itu terapkan “harus melakukan semua dengan sempurna” tapi lakukan semua dengan sebaik mungkin yang kamu bisa.

Dengan begitu kamu bisa mengatasi productivity guilt yang kamu rasakan. Yuk coba mulai dari sekarang. (*)

Kategori :