Pakai Apa Supaya Ketombe Hilang? Ini Cara Menghilangkan Ketombe Menggunakan Bahan Alami

Jumat 02-08-2024,10:15 WIB
Reporter : Erna Ayunda Rahmawati
Editor : Haidaroh

2. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung zat aktif yang dapat melawan bakteri dan jamur, yang sangat berguna untuk mengobati ketombe. 

Selain itu, lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan dan membantu mengontrol infeksi yang bisa menyebabkan rambut rontok. Cara menggunakannya untuk mengatasi ketombe cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya langsung ke kulit kepala.

3. Garam

Tekstur garam yang mirip dengan scrub bisa menjadi solusi untuk menghilangkan ketombe dari kulit kepala tanpa merusak rambut. Cara menggunakannya pun cukup sederhana. Ambil sejumput garam dan taburkan secara merata pada kulit kepala yang mengalami ketombe. 

Gosoklah dengan lembut selama beberapa menit, lalu biarkan beberapa saat sebelum membilasnya dengan sampo sampai bersih. 

Dengan menggunakan garam secara teratur, kamu dapat membantu mengatasi ketombe dan menjaga kulit kepala tetap sehat tanpa menimbulkan kerusakan pada rambut.

BACA JUGA:Tips Efektif Cara Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau

BACA JUGA:6 Ide Lomba 17 Agustusan untuk Bapak-bapak yang Bikin Heboh, Yuk Meriahkan HUT RI ke-79

4. Jeruk Nipis

Jeruk nipis sangat efektif dalam mengatasi ketombe karena sifat asamnya dan kandungan antioksidan yang dapat menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe seperti Malassezia Furtur. 

Cara penggunaannya pun sangat mudah, yaitu cukup oleskan perasan jeruk nipis secara merata ke kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit agar sari jeruk nipis dapat meresap dengan baik ke dalam sel kulit kepala dan folikel rambut.

Setelah itu, bilas rambut dengan air bersih dan lanjutkan dengan mencuci rambut menggunakan sampo seperti biasa untuk menghilangkan ketombe. 

Lakukan cara ini secara rutin, minimal sampai keluhan ketombe berkurang bahkan hilang sama sekali. Dengan konsistensi dalam menggunakan jeruk nipis, kamu dapat menjaga kulit kepala tetap sehat dan bebas dari ketombe.

BACA JUGA:Hair Tonic Apa yang Bagus untuk Rambut Rontok? Yuk Coba Buat Sendiri Aja Pakai Resep Alami Ini

BACA JUGA:Jelang HUT RI ke-79, Ini 5 Tips Dekorasi Gapura Bertemakan 17 Agustusan

Kategori :