Upacara 17 Agustus di IKN, Menteri Sekretaris Negara Ungkap Akan Ada Rangkaian Acara Baru Ini

Kamis 01-08-2024,20:30 WIB
Reporter : Erna Ayunda Rahmawati
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Menjelang peringatan HUT RI ke-79 pada 17 Agustus yang akan dilaksanakan di IKN Nusantara, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno ungkap akan ada rangkaian acara baru.

Perlu diketahui pula, walaupun upacara 17 Agustus tersebut akan berlangsung di IKN, pengacuan waktu untuk prosesi detik-detik proklamasi tetap akan mengikuti zona Waktu Indonesia Barat (WIB).

"Waktu detik-detik proklamasi mengikuti Waktu Indonesia Barat," jelas Pratikno dikutip dari kanal Youtube Sekretariat Presiden dalam konferensi pers Bulan Kemerdekaan di Kemensetneg, pada Kamis, 1 Agustus 2024.

BACA JUGA:Bikin Tumpeng untuk Lomba 17 Agustusan Jangan Asal, Ini Tips Agar Tumpeng Kokoh dan Warna Mengkilat

BACA JUGA:Hoodie yang Bagus Merk Apa? Ini Rekomendasi Hoodie Brand Lokal yang Tak Kalah Keren dari Produk Luar Negeri

Pratikno awalnya menjelaskan bahwa pihaknya akan mengadakan serangkaian acara untuk merayakan bulan kemerdekaan, yang akan dimulai dengan acara zikir di Istana Jakarta pada malam ini.

"Rangkaian bulan kemerdekaan pada tahun ini seperti tahun yang lalu akan dibuka dengan zikir dan doa kebangsaan yang diselenggarakan di Istana merdeka nanti petang dihadiri oleh para ulama dan pemimpin agama diikuti oleh para peserta lebih dari 3.000 peserta," jelasnya.

Pratikno melanjutkan bahwa upacara pengukuhan Paskibraka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan dilaksanakan di IKN. Sedangkan penganugerahan tanda kehormatan akan digelar di Istana Jakarta.

"Setelah itu seperti juga tahun-tahun sebelumnya ada rangkaian kegiatan lain, upacara pengukuhan Paskibraka oleh Bapak Presiden itu akan diselenggarakan di IKN. Kemudian upacara penganugerahan tanda kehormatan itu dilaksanakan di Istana Negara di Jakarta. Kemudian pidato kenegaraan dan penyampaian RAPBN dan nota keuangan diselenggarakan di gedung Nusantara gedung MPR/DPR/DPD," imbuhnya.

BACA JUGA:Ide Kostum Anak untuk Karnaval 17 Agustus, Meriahkan HUT RI ke-79 dengan Kreativitas

BACA JUGA:Apa Obat Asam Lambung Alami yang Paling Ampuh? Ini Resep Herbal dari dr Zaidul Akbar

Selain itu, Pratikno juga mengungkapkan bahwa dalam rangkaian perayaan tahun ini, akan ada acara baru yaitu prosesi kirab Sangsaka Merah Putih dan juga pemindahan Naskah Proklamasi dari Monumen Nasional ke IKN.

"Kemudian juga ada pameran bersama arsip kepresidenan, judulnya menarik, Mari Kemari ke Nusantara, tanggal 8-20 Agustus 2024," tambahnya.

Pameran arsip tersebut, kata dia, akan menampilkan arsip dan barang kenangan dari Ibu Kota Negara.

Pratikno menjelaskan kembali bahwa upacara militer untuk peringatan 17 Agustus akan dilaksanakan di IKN Nusantara, dengan Presiden Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara.

Kategori :