Susah Dapet Kerja? Coba Pake Strategi Bangun Karir Usia Muda Ala William Jakfar

Kamis 25-07-2024,06:34 WIB
Reporter : Ghina Aulia Az-Zahra
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah, terkadang banyak orang berfikir kenapa dirinya susah dapet kerja. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi kesulitan ini alah satunya kurangnya pengalaman kerja.

Banyak fresh graduate yang menganggur karena persaingan yang semakin ketat sehinngga susah apet kerja. Anak muda yang mampu bersaing, ia yang memperluas jaringan professional, mempelajari keterampilan baru an beradaptasi dengan cepat.

William Jakfar merupakan seorang konsultan growth marketing yang saat ini bekerja di perusahaan startup dengan valuasi terbesar di dunia. William membagikan strategi bangun karir di umur 20-an sesuai pengalaman pribadinya melalui akun Youtubenya dengan nama channel William Jakfar.

1. Pilih Mentor

pada awal membangun karir, usahakan lebih mementingkan mencari mentor yang bagus dibandingkan mencari gaji atau kantor yang besar. karena buat kamu sebagai fresh graduate belum terlalu paham dengan dunia pekerjaan, tidak apa-apa bekerja pada perusahaan yang kecil sembari mengumpulkan pengalaman yang banyak.

dengan mendapatkan mentor, kamu akan dilatih bagaimana kedewasaan dalam berkarir, sehingga tidak terjebak dalam situasi gaji besar di perusahaan besar namun dengan pekerjaan dan suasana yang tidak nyaman. Terkadang orang lebih memilih gaji yang lebih sedikit tapi nyaman daripada gaji besar yang membuatnya tidak nyaman.

BACA JUGA:Jangan Bingung Lagi Pas Wawancara Kerja! Pake Rumus STAR Ini Aja, Dijamin Sukses Interview

2. Networking 

Pengalaman Profesional bukanlah dibangun karena jabatan, tetapi berdasarkan apa yang sudah kamu kerjakan dan siapa yang sudah kamu kenal. Ketika kerjaanmu bagus maka akan berpengaruh terhadap siapa saja yang kamu kenal, orang bukan melihat dimana kamu bekerja sebelumnya. 

pengalaman William, ia baru melamar kerja Kembali karena direferensikan setelah 8 tahun bekerja, bukan karena titipan saudara atau kerabat tetapi memang karena kinerjanya yang bagus. Dalam berkarir, referensi orang terhadap kamu itu dibentuk berdasarkan trust maka pentingnya memiliki networking yang baik. Banyak perusahaan yang tidak publikasikan lowongan pekerjaannya, hanya mencari referensi dari orang lain.

3. Belajar Hal Baru

Gak banyak orang yang suka eksplore dengan hal-hal baru, karena mereka berfikir punya pekerjaan yang sedang dijalankan jadi untuk apa belajar hal-hal lain. Penting sekali eksplore hal baru karena akan menambah skill kamu yang nantinya apan dibutuhkan untuk upgrade atau switch karir. 

Anak muda kebanyakan stuck dengan pekerjaannya doang sehingga berpotensi skill mereka tidak maju-maju, dengan skill kamu yang itu-itu aja membuatmu jalan ditempat.

BACA JUGA:Gelar Sarjana Tidak Harus Menentukan Karir Seseorang? Ternyata Ini Alasannya

4. Karir itu Bukan Tangga

Kategori :