Ingin Jualan Cepat Laku? Begini Tips Marketing Gratis Ala Raymond Chin

Senin 22-07-2024,14:03 WIB
Reporter : Ghina Aulia Az-Zahra
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID - Jualan cepat laku adalah harapan para pemilik usaha khususnya yang baru memulai dan merintis agar mendapatkan keuntungan dari bisnisnya.

Karena menjalankan bisnis tidak hanya tentang memiliki produk berkualitas, tetapi juga tentang bagaimana menjual produk tersebut dengan cepat dan efektif.

Bagi banyak penjual, mengatasi tantangan agar jualan cepat laku bisa menjadi kunci kesuksesan. Tentu saja hal ini membutuhkan strategi atau marketing yang dapat menarik banyak pembeli.

Para pelaku usaha ingin jualan cepat laku namun beberapa merasa kesulitan untuk menarik minat pembeli.  Raymond Chin pada kanal Youtubenya, memberikan tips marketing gratis agar jualan cepat laku namun harus butuh effort juga, simak penjelasan berikut ini.

 

1. Word Of Mouth

Dalam word of mouth ada yang namanya snowball effect, contohnya kamu menawarkan produk kepada salah satu teman kamu lalu ia membagikannya pada sosial media atau teman lainnya, dengan 1 orang bisa menjadi 10 orang yang mendapat tawaran produk kamu bahkan dapat berkali-kali lipat.

Jika produk kamu bagus mereka akan otomatis melakukan word of mouth. Namun kita perlu effort untuk membuat temanmu mau menawarkan produk kamu yaitu dengan memberikan insentif, misalnya jika ia suka dengan produknya, kamu minta temanmu untuk share ke sosial media atau teman-temannya, jika berhasil terjual maka kamu menjanjikan bonus atau diskon kepada temanmu yang membagikan.

 

2. Community Marketing 

Kamu harus tahu dimana segmentasi pasar produk kamu, siapa sih yang akan beli produknya atau jadi loyal customernya? Setelah tahu, kamu cari komunitasnya baik itu di Facebook, WhatsApp, Twitter, atau platform lain, 99% pasti ada komunitas gratis yang dapat kamu join. Misalnya kamu menjual aksesoris game, maka datang pada komunitas Facebook game biasanya akan banyak. Kamu bisa interaksi disana dengan like dan komen, jangan langsung tawarkan produk kamu, setelah kamu mendapatkan reputasinya silakan kamu jualan disana dan jangan lupa gunakan metode word of mouthnya.

BACA JUGA:Usaha Sampingan Anti Ribet, 5 Ide Jualan Untuk Mahasiswa Minim Budget

3. Organic Social Media Content

Untuk mendapatkan omset yang besar, kamu perlu melakukan organic content. Dimana ketika ada video atau konten kamu banyak yang menonton atau viral maka otomatis penjualanmu akan naik. Disarankan untuk membuat konten di TikTok, karena dibandingkan Instagram atau Youtube kamu perlu membangun audience dulu, sedangkan TikTok meskipun kamu tidak memiliki audience, jika videonya bagus algoritmanya akan naik hingga jutaan views. Jangan hanya sekedar membuat konten, kamu harus dapat mengarahkan orang setelah menonton konten itu harus ngapain, misalnya produk di beli pada link yang dicantumkan di video.

 

Kategori :