Tips Manajemen Waktu dari Neneng, Duta Aksi Nusantara

Selasa 02-07-2024,14:57 WIB
Reporter : Imay Indari
Editor : Haidaroh

2. Membuat kalender sendiri

Menentukan semua tugas, tanggung jawab, dan kegiatan yang perlu dilakukan. Kemudian, menetapkan waktu spesifik untuk setiap tugas. Ini bisa berupa jam harian, mingguan, atau bulanan tergantung pada jenis kegiatan.

3. Pakai Skala prioritas 

Mengurutkan tugas berdasarkan prioritas atau kepentingan. Mengidentifikasi mana yang mendesak dan mana yang bisa ditunda.

4. List kegiatan apa saja yang akan dilakukan untuk 3 atau 7 hari ke depan. 

5. Tidak menunda-nunda 

Menunda tugas membuat pekerjaan Anda menumpuk dan mengurangi efisiensi dalam menyelesaikan tugas. Menunda juga bisa menyebabkan hilangnya peluang penting, baik dalam karier maupun kehidupan pribadi.

6. Evaluasi setiap 1 Minggu 

Secara rutin mengevaluasi efektivitas jadwal dan membuat penyesuaian jika diperlukan.

BACA JUGA:Simaklah, Berikut 3 Tips Sukses Belajar Ketika Ujian Tanpa Harus Bergadang

Jangka panjang :

1. List kegiatan untuk satu bulan ke depan. 

2. Time-block

Dalam waktu 24 jam menggunakan cara time-block

Misalnya dijam 7 sampai 10 apa yang harus dilakukan, jam 10 sampai jam 12 harus apa, dan seterusnya

Dengan cara-cara di atas, Neneng bisa mengatur jadwalnya yang padat bisa teroganisir. Ia tidak merasa cape dengan banyaknya tugas kuliah, kegiatan organisasi, dan proker-proker duta, karena sudah terstruktur dan terjadwalkan. 

Kategori :