S = Solution : Nah pada akhir paragraf kamu harus memberikan solusi dari masalah dan bahayanya, seperti "Makanya, jangan lupa periksa gigimu minimal 6 bulan sekali di Tika Widya Dental Clinic!"
BACA JUGA:Sebanyak 3,641 CPNS dan PPPK Kemenag 2024 Formasi Penghulu Ahli Pertama untuk Lulusan 41 Jurusan Ini
3. Formula QUEST
Formula quality, understand, educate, stimulate, dan transition yang cocok untuk postingan di media sosial dan iklan pendek.
Q = Quality : Sebutkan apa yang sedang dialami oleh target audiens kamu, seperti "Rasa bosan sering datang di jam-jam rawan"
U = Understand : Berempati sama audiens, seperti "Kamu nggak sendiri! Dulu aku juga selalu merasa gelisah."
E = Educate : Berikan solusi untuk masalahnya, seperti "Untung, aku nemunin Journey Journal!"
S= Stimulate : Menjual solusi untuk audiens, seperti "Journey journal berisi 365 guided journalis activity buat ngisi waktu-waktu bosanmu."
T = Transtion : Ubah audiens jadi customer, contoh "Say bye sama gelisah! Beli sekarang!"
4. Formula ACCA
Formula Awareness, comprehension. conviction, dan action untuk menulis caption bagi organisasi non profit atau NGO.
A = Awareness : Buat audiens sadar akan problem, contoh "Tahukah kamu bahwa styrofoam menempati urutan ketiga limbah terbanyak di dunia?"
C = Comprehension : Jelaskan bagaimana problem tersebut memberikan dampak bagi audiens, contoh "Lambat laun, limbah styrofoam akan memenuhi TPA di lingkunganmu."
C = Conviction : Yakinkan audiens dengan solusi atau opini, contoh "Makanya, kamu harus membatasi penggunaan styrofoam atau bantuin kita cari solusi baru."
A = Action : Arahkan audiens untuk bertindak, contoh "Gabung dengan ABC.org sekaranb!"
5. Formula FAB