7 Motif Batik Banten Terpopuler: Cek Nama dan Artinya, Ternyata Unik Unik Banget!

Selasa 14-05-2024,17:15 WIB
Reporter : Babay Kholifah
Editor : Babay Kholifah

4.Motif Datulaya

Motif Datulaya bisa dikatakan sangat populer di Banten karena keindahannya dan sejarah yang menyertainya. Motif mirip bunga dan sulur ini diambil dari kata datu dan laya yang masing-masing berarti pangeran dan penduduk. Diartikan secara keseluruhan, Datulaya adalah nama tempat tinggal para pangeran Banten pada masa itu.

5.Pancaniti 

Motif Pancaniti berbentuk lingkaran sederhana dengan pola berbentuk ketupat dan bunga di tengahnya. Nama Pancaniti yang digunakan untuk motif batik ini berasal dari sebuah ruangan di denah istana tempat raja mengamati pelatihan prajuritnya.

6.Motif Mandalikan

Batik Mandalikan memiliki motif utama berbentuk ketupat dengan hiasan bunga-bunga kecil yang indah di tengah bintang. Dilihat dari arti motifnya, nama Mandalikan sendiri diduga berasal dari gelar Pangeran Mandalikan, salah satu pangeran Kerajaan Banten.

7.Motif Pamaranggen

Motif Pamaranggen terinspirasi dari kampung dan tempat tinggal masyarakat Banten yang pekerjaannya membuat keris. Motif Pamaranggen sangat khas dan indah, dengan pola utama menyerupai sayap kupu-kupu dan bunga cantik di tengahnya.

Itulah tujuh motif batik Banten terpopuler beserta maknanya yang harus kamu ketahui khususnya bagi masyarakat Banten.(*)

Kategori :