Tips Menenangkan Pikiran dari Kekacauan yang Terjadi di Sekitar Lingkungan

Selasa 05-03-2024,15:45 WIB
Reporter : Siti Nursyahidah
Editor : Haidaroh

INFORADAR.ID – Lakukanlan beberapa hal ini untuk kamu yang sedang memiliki pikiran yang kacau agar terasa lebih tenang.

Memiliki pikiran yang tenang merupakan salah stu dambaan bagi setiap orang di mana pikiran yang tenang ini akan mempengaruhi terhadap ketenangan jiwa. 

Dengan pikiran yang tenang, sehingga akan membuat diri kita juga untuk berpikir dengan jernih akan setiap kejadian demi kejadian yang tengah kita rasakan. 

Untuk memiliki pikiran yang tenang, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini, sehingga kamu bisa memiliki jiwa yang lebih tenang juga. 

1. Kendalikan Pola Makan 

Tubuh dan pikiran tidak dapat dipisahkan. Apa yang dilakukan seseorang pasti akan mempengaruhi yang lainnya, sebagaimana pada pola makan yang akan sangat berpengaruh bagi keadaan tubuh kita.

Kurangi asupan kafein yang berlebihan, di mana hal ini dapat membuat kamu mudah marah dan cemas, karena kafein memiliki efek stimulan.

Makanlah makanan kaya protein, di mana protein dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan bisa mencegah kadar gula darah turun dan naik sepanjang hari. Konsumsilah protein yang rendah lemak seperti ayam dan ikan.

Hindari makanan tingg akani gula dan lemak karena dapat meningkatkan stres dan mudah marah. ada juga alkohol yang tentunya harus dihindari, karena bisa menyebabkan gejala depresi dan mengganggu pola tidur yang baik. 

BACA JUGA:Stop Pakai Produk-produk Ini di Rumah, Bikin Rugi dan Membahayakan Kesehatan dan Keselamtan

2. Olahraga

Latihan fisik bisa membantu untuk melepaskan endorfin. Endorfin adalah zat kimia yang membuat kita merasa bahagia.

Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau berkebun dapat menenangkan diri kita dan dapat membuat kita merasa lebih bahagia dan rileks.

Latihan yang menggabungkan meditasi dan gerakan lembut, seperti tai chi dan yoga, telah menunjukkan efek positif dalam mengatasi kecemasan dan depresi. 

dengan memiliki pergerakan pada tubuh, sehingga bisa juga mengurangi rasa sakit dan membuat orang merasa lebih tenang.

Kategori :